Zharfa, Amanda Nazhira (2024) PENGARUH SOSIAL MEDIA INSTAGRAM TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA PERUSAHAAN IKEA INDONESIA CABANG KOTA BARU PARAHYANGAN KABUPATEN BANDUNG BARAT. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (175kB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK 3.pdf Download (28kB) | Preview |
|
|
Text
KATA PENGANTAR (2).pdf Download (137kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (443kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (374kB) | Preview |
Abstract
IKEA Indonesia adalah cabang dari Perusahaan ritel furnitur dan peralatan rumah tangga asal Swedia yang didirikan oleh Ingvar Kamprad, pada tahun 1943. Pada tanggal 28 Maret 2021 IKEA membuka toko ketiganya di Kota Baru Parahyangan, Kabupaten Bandung Barat, gerai tersebut adalah yang pertama di luar jabodetabek. Merek ini dikenal dengan model bisnis yang menawarkan furnitur dan barang - barang rumah tangga populer yang estetika dengan desain modern. Dengan fokus pada pembuatan produk yang terjangkau dan fungsional, IKEA telah menjadi nama rumah tangga di Indonesia yang menyediakan berbagai macam perabotan rumah tangga, mulai dari perabotan dapur, ruang tamu, kamar tidur, hingga aksesoris rumah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sosial media terhadap loyalitas konsumen pada Perusahaan IKEA Indonesia cabang Kota Baru Parahyangan Kabupaten Bandung Barat. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data primer dan skunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan penyebaran kuesioner dengan jumlah sebanyak 60 responden. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji hipotesis, regresi linear sederhana, dan koefisien determinasi. Dari hasil penelitian, IKEA telah mengambil kesempatan dari kemajuan teknologi dalam memasarkan produknya, namun media sosial instagram dan loyalitas konsumen masih belum optimal. Analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara media sosial instagram dengan loyalitas konsumen IKEA, dengan Media Sosial berpengaruh sebesar 47,4%. Hambatan yang dihadapi oleh IKEA termasuk kurangnya riset yang dilakukan dan kurangnya wadah guna berinteraksi dengan konsumen, namun upaya dilakukan dengan melakukan riset terkait trend yang sedang ada dan dengan meningkatkan hubungan dengan konsumen. Oleh karena itu, peningkatan media sosial instgram dapat memberikan kontribusi positif terhadap loyalitas konsumen di tengah persaingan industri yang kompetitif. Saran yang dapat diharapkan kedepannya lebih gencar lagi untuk meningkatkan kualitas konten dan media promosi tidak hanya melalui media sosial Instagram saja, sehingga target pasar akan lebih mudah untuk dijangkau oleh perusahaan. Serta, responsif dalam menanggapi keluhan konsumen agar dapat menjaga dan meningkatkan loyalitas konsumen. Kata Kunci: Sosial Media, Loyalitas Konsumen
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2024 |
Depositing User: | Drs Iwan Ridwan |
Date Deposited: | 26 Sep 2024 03:37 |
Last Modified: | 26 Sep 2024 03:37 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70630 |
Actions (login required)
View Item |