OPTIMALISASI PERAN HUMAS BAGI PENGUATAN CITRA DINAS PENDIDIKAN PROVINSI JAWA BARAT (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Humas Pengelola Media Sosial Instagram Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat)

Yasmin, Dwi Dia (2024) OPTIMALISASI PERAN HUMAS BAGI PENGUATAN CITRA DINAS PENDIDIKAN PROVINSI JAWA BARAT (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Humas Pengelola Media Sosial Instagram Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover - dwidiayasmin.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan - dwi dia yasmin.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata pengantar - dwi dia yasmin.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak - dwi dia yasmin.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi - dwi dia yasmin.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka - dwi dia yasmin.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1 - dwi dia yasmin.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 - dwi dia yasmin.pdf

Download (460kB) | Preview

Abstract

Penelitian dengan judul “OPTIMALISASI PERAN HUMAS BAGI PENGUATAN CITRA DINAS PENDIDIKAN PROVINSI JAWA BARAT” Pengoptimalan peran humas dalam sebuah instansi sangat dibutuhkan dalam penggunaan sosial media pada era ini yang dinilai efektif apabila dimanfaatkan dengan baik dan informasi yang disampaikan dapat diterima oleh masyarakat luas. Untuk itu, penelitian ini bertujuan bertujuan untuk mengetahui langkah pengoptimalan peran Humas Disdik Jabar dalam mengelola media sosial secara efektif untuk penguatan citra positif instansi dengan menggunakan teori peran humas yang dikemukakan oleh Dozier & Broom dalam Ruslan (2014).Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitaitif, Penggunaan paradigma post-positivisme dalam penelitian kualitatif Pendekatan ini mendorong penggunaan metode penelitian yang beragam untuk memperoleh gambaran yang lebih komprehensif dan fleksibel terhadap perubahan dan revisi berdasarkan temuan baru.Dari hasil mereka semua (humas) menunjukan bahwa mereka selalu memastikan hasil konten yang diunggah pada instagram Disdik Jabar pasti mencerminkan nilai dan pesan dari organisasi. Hal ini dibuktikan dengan mereka fokus pada perencanaan konten yang matang, mengelola identitas visual dan konsistensi melalui panduan desain yang dibuat dan distribusikan, kemudian konsistensi dalam pengaturan jadwal posting, dan upaya untuk mempertahankan kualitas dari konten yang di publikasikan. Lalu dalam mengelola respon mereka berupaya untuk membangun hubungan yang baik dan berkelanjutan dengan khalayak dan stakeholder lain.Informan akademisi dalam penelitian ini menyebutkan bahwa praktisi humas harus bisa menghipotesiskan apa yang akan terjadi dan melahirkan suatu pemikiran yang efektif. para Informan inti tampak jelas berkomitmen sebagai seorang humas yang berperan sebagai teknisi komunikasi. Untuk mencapai optimalisasi yang lebih tinggi, humas perlu meningkatkan partisipasi aktif, konsistensi dalam penyampaian pesan, interaksi dengan publik, serta inovasi dan evaluasi berkelanjutan. Kata Kunci : Optimalisasi, Humas, Penguatan Citra, Teori Peran Humas Dozier&Broom

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2024
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 25 Sep 2024 06:26
Last Modified: 25 Sep 2024 06:26
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70585

Actions (login required)

View Item View Item