EVALUASI KEBERLANJUTAN PENGELOLAAN SISTEM PENYEDIAAN AIR MINUM BERBASIS MASYARAKAT DI KABUPATEN SUBANG (Studi Kasus Desa Sawangan Kecamatan Cipeundeuy)

Rangga Rahayu, Sri and Budi Heri Pirngadie, Dosen PWK Unpas and Apriadi Budi Raharja, Ds (2024) EVALUASI KEBERLANJUTAN PENGELOLAAN SISTEM PENYEDIAAN AIR MINUM BERBASIS MASYARAKAT DI KABUPATEN SUBANG (Studi Kasus Desa Sawangan Kecamatan Cipeundeuy). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img] Text
Sri Rangga Rahayu_193060003_Perencanaan Wilayah dan Kota.pdf

Download (876kB)
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK Sistem penyediaan air minum di Kabupaten Subang terdiri atas dua jenis yakni sistem perpipaan (PDAM) dan sistem non perpipaan (swadaya masyarakat). Kondisi saat ini menunjukkan bahwa pelayanan sistem perpipaan belum mampu melayani kebutuhan penduduk Kabupaten Subang, salah satunya di Kecamatan Cipeundeuy terkhusus di Desa Sawangan. Setelah berjalan lebih dari 1 Tahun, PAMSIMAS di Desa Sawangan menunjukkan bahwa prasarana yang telah terbangun mengalami permasalahan, yaitu tidak berjalannya operasional pemeliharaan yang berkelanjutan serta peningkatan jumlah pengguna. Tujuan dari penelitian ini adalah teridentifikasinya kondisi penyediaan air minum berbasis masyarakat yang berkelanjutan di Desa Sawangan serta evaluasi pamsimas yang dimaksudkan memberikan kontribusi kajian dari sudut pandang evaluasi kebijakan publik dan evaluasi program sehingga bisa menjadi arahan/rekomendasi pengembangan yang bisa diterapkan pada pamsimas di Desa Sawangan. Berdasarkan hasil analisis, dari 5 aspek keberlanjutan yaitu: Teknis, Kelembagaan, Keuangan, Sosial dan Lingkungan pada PAMSIMAS di Desa Sawangan menunjukan bahwa aspek kelembagaan merupakan aspek yang memiliki tingkat kepentingan pengembangan paling tinggi diantara aspek lainnya, dimana keberadaan pengelola mendapat angka 67%, kinerja pengelola 73% dan transparansi pengelola 80%. Kata kunci : PAMSIMAS, evaluasi, keberlanjutan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Planologi 2024
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 25 Sep 2024 06:41
Last Modified: 25 Sep 2024 06:41
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70583

Actions (login required)

View Item View Item