PENGARUH KONSENTRASI KARAGENAN TERHADAP KARAKTERISTIK VELVA CAMPURAN BUAH SIRSAK (Annona muricata L.) DAN BUAH NAGA MERAH (Hylocereus polyrhizus)

PUTRI GINTA, IVANA and Yelliantty, yy (2024) PENGARUH KONSENTRASI KARAGENAN TERHADAP KARAKTERISTIK VELVA CAMPURAN BUAH SIRSAK (Annona muricata L.) DAN BUAH NAGA MERAH (Hylocereus polyrhizus). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img] Text
Ivana Putri Ginta_203020150_Teknologi Pangan.pdf

Download (1MB)
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

Velva merupakan salah satu produk frozen dessert yang terbuat dari campuran puree buah atau sayur, sukrosa, dan bahan penstabil yang selanjutnya akan dibekukan sehingga diperoleh tekstur yang serupa dengan es krim. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari konsentrasi karagenan yang bervariasi terhadap karakteristik produk velva campuran buah sirsak dan buah naga merah. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu Rancang Acak Kelompok (RAK) dengan satu faktor yaitu konsentrasi karagenan dengan 5 konsentrasi yang berbeda; (0%, 0,25%, 0,50%, 0,75%, dan 1%). Respon yang dilakukan pada penelitian ini adalah respon kimia meliputi pengukuran pH menggunakan pH-meter, respon fisik meliputi overrun dengan metode densiti dan waktu leleh dengan metode melting test, serta respon organoleptik terhadap atribut rasa, warna, aroma, tekstur, dan aftertaste dengan uji mutu hedonik. Hasil penelitian menunjukkan konsentrasi karagenan berpengaruh nyata terhadap nilai pH, overrun, daya leleh, dan organoleptik atribut tekstur velva campuran buah sirsak dan buah naga merah, namun tidak berpengaruh nyata terhadap organoleptik atribut rasa, warna, aroma, serta aftertaste velva campuran buah sirsak dan buah naga merah. Kata kunci: Velva, Karagenan, Penstabil, Sirsak, Buah Naga

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2024
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 25 Sep 2024 05:13
Last Modified: 25 Sep 2024 05:13
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70578

Actions (login required)

View Item View Item