PERANCANGAN USER INTERFACE SISTEM INFORMASI AKADEMIK BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN (STUDI KASUS: SMK BITEC AL MASHURIAH)

Fathul Habibie, Roby and Leony Lidya, DS (2024) PERANCANGAN USER INTERFACE SISTEM INFORMASI AKADEMIK BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN (STUDI KASUS: SMK BITEC AL MASHURIAH). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
RobyFathulHabibie_193040102_TeknikInformtika.pdf

Download (631kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK Sistem Informasi Akademik berperan penting dalam pengolahan data dan informasi di SMK BITEC AL MASHURIAH dan merupakan langkah kunci dalam meningkatkan efisiensi, aksesibilitas, dan interaktivitas antara stakeholder. Penelitian ini menggunakan Metode User Centered Design (UCD) untuk mengembangkan antarmuka yang responsif dan sesuai kebutuhan pengguna. UCD melibatkan pemahaman mendalam terhadap kebutuhan dan preferensi pengguna, dengan menggabungkan serangkaian langkah, mulai dari pemetaan kebutuhan pengguna hingga prototipe iteratif. Melalui wawancara dan observasi kebutuhan pengguna dari berbagai pihak seperti siswa, guru, dan staf administrasi diidentifikasi secara mendalam. Data ini menjadi dasar dalam merancang antarmuka yang mengutamakan kemudahan penggunaan, navigasi yang intuitif, serta visualisasi informasi yang jelas dan komprehensif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode UCD dalam perancangan user interface SIAKAD SMK BITEC AL MASHURIAH dapat meningkatkan interaksi antara pengguna dengan sistem, memungkinkan akses informasi yang lebih cepat dan akurat, serta memfasilitasi manajemen akademik yang lebih efisien. Penelitian ini juga dapat memberikan landasan bagi pengembangan sistem yang memperhatikan kebutuhan nyata pengguna, berkontribusi pada perbaikan keseluruhan pengalaman pengguna dalam lingkungan akademik SMK BITEC AL MASHURIAH. Kata Kunci : Website Sistem Infromasi Akademik, User Centered Design, User Interface, Wireframe, Mockup, Prototyping.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2024
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 25 Sep 2024 05:07
Last Modified: 25 Sep 2024 05:07
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70577

Actions (login required)

View Item View Item