POLA KOMUNIKASI PEMAIN MOBILE LEGEND DIKALANGAN SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS 40 KOTA BANDUNG

Sudin, Sudiansyah Sulam (2024) POLA KOMUNIKASI PEMAIN MOBILE LEGEND DIKALANGAN SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS 40 KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
ABSTRACT (1).docx

Download (14kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (15kB)
[img] Text
RINGKESAN.docx

Download (15kB)
[img] Text
COVER (1).docx

Download (30kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (18kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (1).docx

Download (16kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (35kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (1MB)

Abstract

Permainan Mobile Legends, yang sangat populer di kalangan remaja, bukan hanya sekadar hiburan, tetapi juga menjadi platform bagi siswa untuk membentuk dan menginterpretasikan makna sosial melalui interaksi dinamis. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pola komunikasi di kalangan siswa kelas X IPA 1 SMA Sumatra 40 Bandung melalui interaksi dalam permainan Mobile Legends, dengan menggunakan pendekatan teori interaksi simbolik George Herbert Mead. Metodologi penelitian ini melibatkan wawancara mendalam dengan enam informan inti dan satu informan ahli. Data dikumpulkan mengenai pengalaman bermain, partisipasi dalam turnamen, dan pola komunikasi dalam permainan. Analisis dilakukan untuk memahami bagaimana aspek "mind," "self," dan "society" tercermin dalam interaksi para siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa "mind" tercermin dalam kemampuan siswa untuk menginternalisasi proses sosial dan berkomunikasi secara efektif menggunakan kode dan istilah khusus dalam permainan. Aspek "self" terlihat dalam bagaimana siswa membentuk dan mengartikulasikan identitas mereka melalui peran dalam tim dan interaksi kompetitif. Aspek "society" terlihat dalam intensitas dan frekuensi komunikasi yang memperkuat ikatan sosial antar siswa. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa interaksi dalam Mobile Legends membantu siswa mengembangkan keterampilan komunikasi, kerjasama, dan identitas sosial, serta memperkuat ikatan sosial dalam lingkungan sekolah, memunculkan pola komunikasi sirkular dengan struktur lingkaran. Kata Kunci : Pola komunikasi, Mobile Legends, Interaksi Simbolik, Siswa sekolah, Keterampilan sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2024
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 25 Sep 2024 01:25
Last Modified: 25 Sep 2024 01:25
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70544

Actions (login required)

View Item View Item