Najla, Nadya Putri (2024) STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF DISKOMINFO CITARUM HARUM MELALUI AKUN INSTAGRAM @SATGASCITARUM PADA PELESTARIAN LINGKUNGAN DI KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.
|
Text
ABSTRAK TIGA BAHASA - NADYAPN-202050219.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text
COVER-NADYAPN-202050219.pdf Download (121kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA-NADYAPN-202050219.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI-NADYAPN-202050219.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN-NADYAPN-202050219.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text
KATA PENGANTAR - NADYAPN - 202050219.pdf Download (155kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1-NADYAPN-202050219.pdf Download (265kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2-NADYAPN-202050219.pdf Download (362kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul “STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF DISKOMINFO CITARUM HARUM MELALUI AKUN INSTAGRAM @SATGASCITARUM PADA PELESTARIAN LINGKUNGAN DI KOTA BANDUNG”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi persuasive yang dilakukan Citarum Harum melalui media sosial akun Instagram @satgascitarum. Pada penelitian ini peneliti melakukan penelitian menggunakan Teori Komunikasi Persuasif dengan berdasarkan tiga Strategi Komunikasi Persuasif Melvin L. DeFleur dan Sandra J.Ball Roceach, yaitu strategi psikodinamika, sosiokultural dan strategi the meaning construction. Metode penelitian yang dilakukan oleh peneliti yaitu deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan Instrumen penelitian ini dilakukan dengan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jumlah informan pada penelitian ini terdiri dari 1 (satu) informan ahli, 2 (dua) informan inti, dan 3 (tiga) informan pendukung yang merupakan followers dari akun Instagram @satgascitarum. Hasil Penelitian ini yaitu berupa penerapan Strategi Komunikasi Persuasif melaui akun instagram @satgascitarum seperti dalam mengedukasi dan meyakinkan Masyarakat khususnya Kota Bandung dalam melestarikan lingkungan dengan berbagai macam inovasi konten peduli lingkungan. Mengingat bahwa saat ini meyakinkan sekaligus mengajak Masyarakat dalam menjaga lingkungan meruapakan salah satu upaya untuk menjaga bumi beserta isinya. Implementasi yang dilakukan dalam menerapkan berbagai strategi yaitu dari mulai membuat konten sesuai dengan karakteristik dari segmentasi khalayak, membuat berbagai kegiatan ataupun konten kolaborasi agar lebih banyak khalayak yang terpersuasifkan hingga membuat visual atau design serta kata-kata yang dimodifikasi semenarik mungkin untuk menarik perhatian khalayak dan memaksimalkan proses terjadinya Strategi Komunikasi Persuasif. Kata kunci: Strategi Komunikasi Persuasif, Satgas Citarum harum, Lingkungan, Instagram
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2024 |
Depositing User: | Drs Iwan Ridwan |
Date Deposited: | 24 Sep 2024 07:31 |
Last Modified: | 24 Sep 2024 07:31 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70539 |
Actions (login required)
View Item |