PERAN STOP ASIAN AMERICAN AND PACIFIC ISLANDERS (AAPI) HATE DALAM MENANGANI ISU ASIAN HATE DI AMERIKA SERIKAT PADA MASA COVID-19

Kania, Shafira (2024) PERAN STOP ASIAN AMERICAN AND PACIFIC ISLANDERS (AAPI) HATE DALAM MENANGANI ISU ASIAN HATE DI AMERIKA SERIKAT PADA MASA COVID-19. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (319kB) | Preview

Abstract

Sejak pandemi COVID-19, eskalasi rasisme dan diskriminasi yang dialami oleh masyarakat Asia-Amerika semakin parah dengan pernyataan mantan presiden Amerika Serikat pada saat itu yaitu, Donald Trump yang menyebut virus COVID- 19 dengan sebutan “Chinese Virus”. Eskalasi rasisme yang dialami oleh warga Asia- Amerika yang berlangsung bahkan menyebabkan insiden kebencian anti-Asia yang bisa disebut dengan Asian Hate Acts. Kondisi ini memicu lahirnya sebuah Non- Governmental Organization (NGO) bernama Stop Asian Americans and Pacific Islanders (AAPI) Hate yang muncul dan bekerja untuk melindungi hak-hak sipil dan hak asasi manusia terkait masyarakat Asia Amerika dan Kepulauan Pasifik di Amerika Serikat. Stop AAPI Hate dibuat untuk menanggapi insiden kebencian anti- Asia, termasuk pelecehan verbal, serangan fisik, dan pembunuhan, yang telah terjadi di Amerika Serikat sejak merebaknya COVID-19. Dalam upaya menangani masalah ini, Stop AAPI Hate berfokus pada advokasi dan edukasi publik untuk meningkatkan kesadaran tentang rasisme struktural dan sejarah diskriminasi terhadap komunitas Asia-Amerika, dengan harapan dapat menciptakan perubahan jangka panjang dalam masyarakat Amerika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran dari Stop AAPI Hate sebagai suatu NGO yang berperan dalam memerangi rasisme dan memperjuangkan hak asasi manusia terhadap komunitas Asia-Amerika dan Kepulauan Pasifik dalam menangani isu Asian Hate di Amerika Serikat pada masa COVID-19. Konsep Transnational Advocacy Network dan NGO dipilih untuk menjelaskan peran dan upaya Stop AAPI Hate dalam menangani isu Asian Hate di Amerika Serikat. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data primer dan sekunder. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peran suatu NGO yaitu, Stop AAPI Hate sebagai aktor politik, berperan penting dalam menangani isu Asian Hate yang terjadi di Amerika Serikat pada masa COVID-19 melalui upaya advokasi mereka. Organisasi ini berperan sebagai pusat pengumpulan insiden kebencian melalui pembuatan website self-report untuk melaporkan insiden kejahatan yang dialami oleh komunitas Asia-Amerika dan Kepulauan Pasifik. Stop AAPI Hate juga berupaya untuk menangani isu Asian Hate dengan melakukan beberapa kampanye, mengadvokasi kebijakan lokal, negara bagian, dan nasional yang memperkuat perlindungan hak asasi manusia dan hak-hak sipil serta mendukung langkah- langkah keamanan berbasis masyarakat dan upaya keadilan restoratif. Kata Kunci: Stop AAPI Hate, Asian Hate, Warga Asia-Amerika, Transnational Advocacy Network, Amerika Serikat.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2024
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 24 Sep 2024 07:28
Last Modified: 24 Sep 2024 07:28
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70538

Actions (login required)

View Item View Item