PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAB 2 KELAS XI DALAM PEMBELAJARAN TEKS BERITA BERDASARKAN INDEKS KEPADATAN LEKSIKAL

BAHTIAR INGE AURELLIA, 205030007 (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAB 2 KELAS XI DALAM PEMBELAJARAN TEKS BERITA BERDASARKAN INDEKS KEPADATAN LEKSIKAL. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (290kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (362kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (234kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai masalah-masalah yang terjadi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia salah satunya kesulitan peserta didik dalam memahami bahan ajar. Penggunaan dan pengembangan bahan ajar yang efektif adalah esensial dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kompleksitas bahasa pada bahan ajar teks berita yang tinggi dan untuk menghasilkan alternatif yang lebih mudah dipahami oleh peserta didik. Penelitian ini menggunakan formula dari Halliday (1985) yang digunakan untuk menerapkan pengembangan bahan ajar dalam pembelajaran teks berita kelas XI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitaif dengan metode Research and Development (R&D). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahan ajar pada teks berita orisinal berkategori tinggi yaitu 7,4 karena penggunaan bahasa yang sangat kompleks dan padat sehingga sulit untuk dipahami oleh peserta didik. Setelah dikembangkan indeks kepadatan leksikal pada bahan ajar teks berita berkategori rendah yaitu 5,2 yang berindikasi lebih mudah dipahami oleh peserta didik karena penggunaan bahasa yang lebih sederhana. Hal ini menunjukkan bahwa bahan ajar orisinal mengalami penurunan indeks kepadatan leksikal sebesar 2,2%. Dengan demikian, pengembangan bahan ajar tersebut dapat dijadikan solusi untuk mengatasi kesulitan peserta didik dalam memahami bahan ajar pada teks berita kelas XI di SMA. Kata Kunci: Bahan ajar, teks berita, indeks kepadatan leksikal

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 24 Sep 2024 06:42
Last Modified: 24 Sep 2024 06:42
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70535

Actions (login required)

View Item View Item