KOMUNIKASI VERBAL DAN NONVERBAL DALAM GAME ONLINE GENSHIN IMPACT (Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Komunikasi Virtual Pemain Genshin Impact Dalam Membentuk Kerja Sama Tim Pada Konten Weekly Boss Menggunakan Komunikasi Verbal dan Nonverbal)

Ikhsan, Raisya Muhammad (2024) KOMUNIKASI VERBAL DAN NONVERBAL DALAM GAME ONLINE GENSHIN IMPACT (Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Komunikasi Virtual Pemain Genshin Impact Dalam Membentuk Kerja Sama Tim Pada Konten Weekly Boss Menggunakan Komunikasi Verbal dan Nonverbal). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan - 202050235.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka - 202050235.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Kata Pengantar - 202050235.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak - 202050235.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi - 202050235.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover - 202050235.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 - 202050235.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 - 202050235.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian “Komunikasi Verbal Dan Nonverbal Dalam Game Online Genshin Impact (Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Komunikasi Virtual Pemain Genshin Impact Dalam Membentuk Kerja Sama Tim Pada Konten Weekly Boss Menggunakan Komunikasi Verbal Dan Nonverbal)” memiliki tujuan untuk mengetahui komunikasi verbal dan nonverbal yang terjadi dalam membentuk taktik bermain pada konten Weekly Boss dalam game Genshin Impact melalui unsur komunikasi verbal yakni kata dan bahasa; dan fungsi komunikasi nonverbal yakni repetisi, substitusi, kontradiksi, komplemen, dan aksentuasi. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori Media Baru menurut Pierre Levy. Teori utama yang digunakan dalam penelitian adalah unsur dalam komunikasi verbal menurut Prof. Dr. H. Hafied Cangara berupa kata dan bahasa, dan fungsi kode nonverbal dalam berkomunikasi menurut Mark Knapp yakni repetisi, substitusi, kontradiksi, komplemen, dan aksentuasi. Subjek pada penelitian ini adalah pemain Game Online Genshin Impact. Objek atau fokus penelitian pada penelitian ini yaitu aktivitas komunikasi verbal dan nonverbal pada Game Online Genshin Impact. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat saluran komunikasi verbal dalam bentuk fitur Obrolan (In-Game Chat) dan Discord, dan terdapat saluran komunikasi nonverbal dalam bentuk emotikon bergambar wajah karakter dan perilaku pemain yang divisualisasikan melalui karakter yang ditampilkan pada layar perangkat. Sedangkan bentuk komunikasi verbal berupa kata-kata seperti mabar, skill, ultimate, role, DPS, Support, Buff, Healer, Heal, Party, AFK, Build, Lock, Health Bar, Trolling, dan Timing serta bahasa yang digunakan yakni bahasa Indonesia. Bentuk komunikasi nonverbal berupa emotikon wajah atau lewat visual seperti aksi lompat-lompat, berlari, menyerang, pemilihan karakter berdasarkan role, centang hijau, AFK, dan spam stiker. Kata Kunci : komunikasi verbal, komunikasi nonverbal, game online.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2024
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 24 Sep 2024 03:03
Last Modified: 24 Sep 2024 03:03
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70518

Actions (login required)

View Item View Item