FARAH FAJRINIA, 191000176 (2024) WANPRESTASI PIHAK HOTEL TERHADAP KONSUMEN DALAM PERJANJIAN SEWA MENYEWA KAMAR MELALUI TIKET.COM DIHUBUNGKAN DENGAN BUKU III KITAB UNDANG-UNDANG HUKUM PERDATA. Skripsi(S1) thesis, FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS PASUNDAN.
|
Text
1. COVER.pdf Download (108kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB 1.pdf Download (322kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB 2.pdf Download (304kB) | Preview |
|
Text
8. BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (182kB) |
||
Text
9. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (313kB) |
||
Text
10. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (141kB) |
||
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (148kB) | Preview |
Abstract
Teknologi telah menjadi pilar utama pada strategi pemasaran modern. Hal ini menjadi dorongan perusahaan untuk meningkatkan eksposur dengan menarik pelanggan baru melalui aplikasi yang menjadi platform pemasaran termasuk pemasaran dalam bentuk sewa menyewa kamar, contohnya adalah aplikasi Tiket.com yang menawarkan sewa menyewa kamar hotel. Perjanjian sewa menyewa kamar pun terjadi melalui aplikasi dan wanprestasi timbul saat perjanjian antara konsumen dan hotel melalui aplikasi Tiket.com seperti ketidaksesuaian antara deskripsi yang ditampilkan melalui Tiket.com, maka perlu dikaji mengenai bagaimana terjadinya wanprestasi pihak hotel terhadap konsumen dalam perjanjian sewa menyewa kamar melalui Tiket.com, bagaimana akibat hukum yang timbul dari wanprestasi pihak hotel terhadap konsumen dalam perjanjian sewa menyewa kamar melalui Tiket.com dihubungkan dengan Buku III Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, dan bagaimana upaya yang dilakukan konsumen terhadap pihak hotel dalam perjanjian sewa menyewa kamar melalui Tiket.com Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis yaitu untuk memperoleh gambaran dengan memaparkan situasi dan kondisi yang akan diteliti melalui gambaran naratif dan pendekatan yuridis normatif yaitu penelitian hukum kepustakaan yang dilakukan dengan cara meneliti bahan-bahan kepustakaan atau data sekunder belaka dengan tujuan untuk mengeksplorasi wanprestasi dalam perjanjian sewa kamar melalui Tiket.com. Tahapan penelitian mencakup pengumpulan data dari kepustakaan dan penelitian lapangan, dengan mengacu pada undang-undang, teori-teori hukum dan doktrin yang relevan. Data primer dan sekunder digunakan, termasuk bahan hukum primer, sekunder, dan tersier, serta penelitian lapangan melalui wawancara dan observasi. Metode ini bertujuan untuk mengetahui Das Sollen merupakan kaidan hukum yang menggambarkan kondisi yang diharapkan yang pada penelitian ini menggunakan Buku III Kitab UndangUndang Hukum Perdata dengan das sein yaitu keadaan yang nyata dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hotel telah melakukan wanprestasi karena ketidaksesuaian deskripsi kamar yang dipesan melalui Aplikasi Tiket.com dengan kondisi sebenarnya di hotel seperti kondisi kamar dan akses wifi yang tidak bisa dijangkau, serta permintaan tambahan biaya dari pihak hotel dengan alasan tidak bekerjasama lagi dengan aplikasi Tiket.com sesuai dengan ketentuan perusahaan yang menaungi hotel tersebut yaitu OYO. Konsumen mempunyai hak untuk mengajukan gugatan pada pihak hotel dengan dasar Pasal 1267 KUHPerdata, Pasal 1243 KUHPerdata dan Pasal 38 Ayat (1) UU ITE. Upaya penyelesaian antara pihak konsumen dan hotel dapat dilakukan secara litigasi mengajukan gugatan ke pengadilan dan non-litigasi melalui Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa. Kata Kunci : Hotel, Wanprestasi, Aplikasi pemesanan hotel.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum 2024 |
Depositing User: | Lilis Atikah |
Date Deposited: | 23 Sep 2024 07:04 |
Last Modified: | 23 Sep 2024 07:04 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70487 |
Actions (login required)
View Item |