Pengaruh Bulan Ramadhan Terhadap Return Pasar dan Volume Perdagangan di BEI (Bursa Efek Indonesia) Periode Januari 2013 – November 2023.

Mukhammad Rafli, 204010217 and Dr.. Hj. Mujibah A. Sufyani, SE.,MM, Pembimbing I and Erik Syawal Alghifari, SE.,MM, Pembimbing II (2024) Pengaruh Bulan Ramadhan Terhadap Return Pasar dan Volume Perdagangan di BEI (Bursa Efek Indonesia) Periode Januari 2013 – November 2023. Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan Bandung.

[img]
Preview
Text
Cover Skripsi.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (507kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (99kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh bulan Ramadhan terhadap return pasar dan volume perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode Januari 2013 hingga November 2023. Penelitian ini dilakukan untuk melihat apakah terdapat anomali pasar yang diakibatkan oleh faktor musiman seperti bulan Ramadhan. Anomali pasar adalah fenomena di mana harga saham tidak berperilaku sesuai dengan hipotesis pasar efisien. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan dan perdagangan saham di BEI. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji statistik untuk mengukur perubahan signifikan dalam return pasar dan volume perdagangan selama bulan Ramadhan dibandingkan dengan periode lainnya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bulan Ramadhan memiliki pengaruh signifikan terhadap return pasar dan volume perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI). Analisis data menunjukkan bahwa return pasar pada IHSG, JII, dan ISSI mengalami peningkatan selama bulan Ramadhan dibandingkan dengan periode nonRamadhan. Volume perdagangan juga menunjukkan peningkatan yang signifikan selama bulan Ramadhan. Uji statistik, termasuk uji F dan uji t, mengkonfirmasi bahwa variabel Ramadhan memiliki dampak signifikan terhadap kedua variabel tersebut. Koefisien determinasi menunjukkan bahwa model regresi yang digunakan dalam penelitian ini mampu menjelaskan sebagian besar variabilitas return pasar dan volume perdagangan, baik pada IHSG, JII, maupun ISSI. Kata Kunci: Bulan Ramadhan, Return Pasar, Volume Perdagangan, Bursa Efek Indonesia (BEI), Anomali Pasar, Investasi dan Pasar Modal

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen 2020
Depositing User: Mr FEB-Parid -
Date Deposited: 21 Sep 2024 01:01
Last Modified: 21 Sep 2024 01:01
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70398

Actions (login required)

View Item View Item