PERAN PUBLIC RELATIONS PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO) DALAM MEMPERTAHANAKAN CITRA POSITIF PERUSAHAAN

Ali, Paisal (2024) PERAN PUBLIC RELATIONS PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO) DALAM MEMPERTAHANAKAN CITRA POSITIF PERUSAHAAN. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
C. Abstrak.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
A. Cover.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
B. Lembar Pengesahan.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
D. Kata Pengantar.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
E. Daftar Isi.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
F. BAB I.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
G. BAB II.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
K. Daftar Pustaka.pdf

Download (181kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji sejauh mana penerapan model PENCILS (publications, event, Corporate social responsibility, news, lobbying and negotiation) berkontribusi dalam mempertahankan citra positif PT. Kereta Api Indonesia (Persero). Dalam konteks persaingan industri transportasi yang semakin ketat, menjaga reputasi yang baik menjadi hal yang krusial bagi perusahaan. Melalui analisis mendalam terhadap berbagai aktivitas Public Relations perusahaan, penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih komprehensif mengenai peran strategis komunikasi dalam membangun hubungan yang positif dengan berbagai stakeholders. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk menganalisis peran Public Relations PT. Kereta Api Indonesia (Persero) dalam mempertahankan citra positif perusahaan. Studi ini mengadopsi model bauran Public Relations “PENCILS” yang dikemukakan oleh Philip Kotler dan Thomas L. Harris sebagai kerangka analisis. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Public Relations PT. Kereta Api Indonesia (Persero) telah menjalankan peran bauran Public Relations PENCILS. Peran publications dengan melalui media onlie, media massa dan media konvensional, event dengan cara meyelenggaran launcing produk aplikasi dan promo tiket, social responsibility berfokus di bidang lingkungan, pendidikan, dan pengembangan UMKM, news dengan membuat berita dan press release, lobbying and negotiations dengan melakukan pendekatan dengan masyarakat, pemerintah dan media. Dilihat dari persepsi, kognisi, motivasi dan sikap yang terbentuk di public PT. KAI (Persero) mampu mempertahankan citra perusahaan. Kata Kunci : Peran Public Relations, Citra PT. Kereta Api Indonesia (Persero)

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2024
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 20 Sep 2024 06:45
Last Modified: 20 Sep 2024 06:45
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70383

Actions (login required)

View Item View Item