IMPLEMENTASI KEBIJAKAN CHINESE 13TH FIVE YEAR PLAN DALAM BIDANG PERLINDUNGAN LINGKUNGAN SEBAGAI UPAYA DEKARBONISASI EMISI BATU BARA DI CHINA

Khairunnisa, Khansa (2024) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN CHINESE 13TH FIVE YEAR PLAN DALAM BIDANG PERLINDUNGAN LINGKUNGAN SEBAGAI UPAYA DEKARBONISASI EMISI BATU BARA DI CHINA. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
REFERENSI.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGHARGAAN.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (345kB) | Preview

Abstract

Masyarakat global telah mengidentifikasi China sebagai negara yang berkontribusi besar terhadap emisi karbon. Hal ini sebagian disebabkan oleh ketergantungan China pada batu bara sebagai sumber energi utama, yang berkontribusi terhadap emisi gas rumah kaca dan dapat memperburuk perubahan iklim. Di bawah kepemimpinan Presiden Xi Jinping, China menerapkan serangkaian kebijakan iklim formal pertamanya, termasuk membatasi penggunaan batu bara dalam The 13th Five Year Plan negara tersebut dari tahun 2016 hingga 2020. Target ambisius yang ditetapkan pada periode ini menunjukkan komitmen China untuk mengurangi emisi karbon dan mitigasi dampak perubahan iklim. Penelitian ini akan menganalisis bagaimana keefektivitasan dari implementasi kebijakan luar negeri China dalam penanganan perubahan iklim, terutama dengan upaya pengurangan konsumsi batu bara, melalui Chinese 13th Five-Year Plan dengan menggunakan metode kualitatif. Dalam penelitian ini, penulis akan menggunakan teori Green Politics dan Rezim Lingkungan. Teori Green Politics menekankan dua konsep utama, yaitu kepedulian moral seputar interaksi manusia dengan alam pengakuan bahwa sumber daya bumi terbatas, sehingga memerlukan perubahan dalam cara pengelolaan sumber daya untuk menjamin keberlanjutan. Keterkaitan tantangan-tantangan lingkungan hidup, sosial, dan politik menjadi jelas ketika isu- isu ini bersinggungan dengan aspek fundamental kelangsungan hidup manusia. Sementara dalam teori Rezim Lingkungan terdapat beberapa langkah dan tahapan yang dilibatkan, yaitu penetapan agenda, proses negosiasi dan pengambilan keputusan, dan implementasi kebijakan pada Kebijakan Perlindungan Lingkungan yang dimuat dalam Chinese 13th Five Year Plan. Kata Kunci: China, Chinese 13th Five Year Plan, Emisi Karbon, Penggunaan Batu Bara, Perlindungan Lingkungan, Kebijakan Iklim.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2024
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 20 Sep 2024 03:58
Last Modified: 20 Sep 2024 03:58
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70364

Actions (login required)

View Item View Item