PEMBANGUNAN SISTEM PRESENSI KARYAWAN DENGAN KARTU RFID RC522 DAN NODEMCU ESP8266 BERBASIS INTERNET OF THINGS (STUDI KASUS : PT LANGGENG ENGINNERING TEKNIK INDONESIA)

Firdaus, Mohamad Fidi and Sukendar, Ade (2024) PEMBANGUNAN SISTEM PRESENSI KARYAWAN DENGAN KARTU RFID RC522 DAN NODEMCU ESP8266 BERBASIS INTERNET OF THINGS (STUDI KASUS : PT LANGGENG ENGINNERING TEKNIK INDONESIA). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Tugas Akhir - 193040129 - Mohamad Fidi Firdaus.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Presensi merupakan hal penting bagi suatu instansi atau perusahaan. Presensi dikatakan penting karena dapat mempengaruhi besarnya gaji dan upah seseorang karyawan dan dari presensi juga dapat melihat kinerja satu karyawan yang sering hadir maupun tidak hadir. Oleh karena itu, dalam pelaksanaannya proses presensi sangat diperlukan ketelitian dalam pelaksanaannya agar tidak menghambar kinerja perusahaan. Kegiatan presensi saat ini pada perusahaan menggunakan alat tulis, kemudian karyawan melakukan kegiatan presensi dengan menulis jam kedatangan pada karyawan itu sendiri di kertas presensi sebagai tanda bukti bahwa karyawan hadir dengan jam yang telah karyawan tulis. Ada beberapa persoalan terhadap presensi saat ini, dalam kegiatan presensi terdapat beberapa karyawan didapati kecurangan saat mengisi absen, seperti menulis jam presensi sesuai dengan jam masuk yang padahal karyawan tersebut dating lebih siang atau telat. Tujuan penelitian ini dilakukan yaitu dapat menghasilkan alat presensi, berbasis internet of things serta dibangun menggunakan kartu rfid dan nodemcu esp8266. penelitian ini dilakukan dengan metode prototype, salah satu metode yang cukup populer dan banyak digunakan untuk pengembangan sistem informasi atau pembangunan sistem, dimulai dari menginisiasi projek sampai tahap evaluasi sistem dan penggunaan sistem. Kata Kunci : Presensi, internet of things, nodemcu esp8266, rfid

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2024
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 19 Sep 2024 06:29
Last Modified: 19 Sep 2024 06:29
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70285

Actions (login required)

View Item View Item