ANALISIS PENGUKURAN TINGKAT KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KONSUMEN DENGAN METODE SERVICE QUALITY (SERVQUAL) (Studi Kasus Garage coffee Bandung- Jawa Barat)

OKTAVIANO, JEZICO and Iman Firmansyah, DS (2024) ANALISIS PENGUKURAN TINGKAT KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KONSUMEN DENGAN METODE SERVICE QUALITY (SERVQUAL) (Studi Kasus Garage coffee Bandung- Jawa Barat). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Jezico Oktaviano_173010027_Teknik Industri.pdf

Download (422kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis masalah yang dihadapi oleh Garage Coffee di Bandung dan mengidentifikasi solusi perbaikan untuk meningkatkan kualitas pelayanan menggunakan metode Service Quality (SERVQUAL). Penelitian ini menggunakan lima dimensi SERVQUAL, yaitu Tangibles, Responsiveness, Reliability, Empathy, dan Assurance, untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebar kepada pelanggan Garage Coffee dan dianalisis menggunakan analisis gap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Garage Coffee mengalami masalah pada beberapa dimensi pelayanan. Dimensi Empathy dan Responsiveness menunjukkan nilai gap negatif terkecil (-0,07), menandakan bahwa layanan yang diberikan belum sepenuhnya sesuai dengan harapan pelanggan. Dimensi Tangibles dan Assurance juga menunjukkan nilai gap negatif (-0,03), menunjukkan adanya ketidaksesuaian antara layanan yang diterima dengan harapan pelanggan. Sementara itu, dimensi Reliability menunjukkan gap positif (0,00), yang berarti tingkat pelayanan sudah sesuai dengan harapan pelanggan. Dari hasil analisis ini, dapat disimpulkan bahwa Garage Coffee perlu meningkatkan pelatihan karyawan, memperbaiki desain dan suasana kedai, serta mengembangkan strategi diferensiasi dan pemasaran yang lebih efektif untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan yang berguna bagi pengelola Garage Coffee dalam meningkatkan kualitas pelayanan dan daya saing di pasar. Kata kunci: Kualitas Pelayanan, SERVQUAL, Tangibles, Responsiveness, Reliability, Empathy, Assurance.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2024
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 18 Sep 2024 06:35
Last Modified: 18 Sep 2024 06:35
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70223

Actions (login required)

View Item View Item