PERANCANGAN ALAT OLAHRAGA MULTIFUNGSI: INTEGRASI AB ROLLER DAN DUMBBELL DENGAN PENDEKATAN HOUSE OF QUALITY DAN PETA MORFOLOGI

AMBARWATI, FEBRIAN and Wahyu Katon, DS (2024) PERANCANGAN ALAT OLAHRAGA MULTIFUNGSI: INTEGRASI AB ROLLER DAN DUMBBELL DENGAN PENDEKATAN HOUSE OF QUALITY DAN PETA MORFOLOGI. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Febrian Ambarwati_203010090_Teknik Industri.pdf

Download (532kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK Laporan ini memaparkan proses perancangan integrasi ab roller dan dumbbell dengan pendekatan metode House of Quality (HOQ) dan peta morfologi. Metode HOQ digunakan untuk menerjemahkan kebutuhan pengguna menjadi spesifikasi teknis dan fitur alat, sedangkan peta morfologi membantu dalam menentukan solusi desain yang optimal melalui eksplorasi berbagai kombinasi fungsi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa desain akhir alat mampu memenuhi berbagai kebutuhan fungsional dengan integrasi yang baik, termasuk kemudahan penggunaan dan fleksibilitas dalam berbagai latihan. Inovasi utama meliputi mekanisme yang memungkinkan pergantian cepat antara fungsi ab roller dan dumbbell serta desain ergonomis yang meningkatkan kenyamanan dan keamanan pengguna. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan HOQ dan peta morfologi secara signifikan dapat meningkatkan proses desain alat olahraga multifungsi dengan memperhatikan kebutuhan pengguna dan optimalitas fungsionalitas. Kata Kunci: House of Quality, Peta Morfologi, Perancangan, Fungsional, Fleksibilitas.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2024
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 18 Sep 2024 06:17
Last Modified: 18 Sep 2024 06:17
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70216

Actions (login required)

View Item View Item