ANALISIS RISIKO KECELAKAAN KERJA DENGAN METODE FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS (FMEA) PADA PROYEK INSTALASI AIR CONDITIONING DI SWISSBEL HOTEL INDRAMAYU OLEH PT. KLASSTEK CIPTA KARYA

PADILAH, ADI and Ishak, Riza Fathoni and Yogaswara, Yogi (2024) ANALISIS RISIKO KECELAKAAN KERJA DENGAN METODE FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS (FMEA) PADA PROYEK INSTALASI AIR CONDITIONING DI SWISSBEL HOTEL INDRAMAYU OLEH PT. KLASSTEK CIPTA KARYA. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Adi Padilah_203010085_Teknik Industri.pdf

Download (446kB) | Preview
Official URL: http://repository.unpas.ac.id/70213/

Abstract

Kecelakaan kerja merupakan masalah serius yang akan berdampak besar bagi perusahaan. Penerapan keselamatann dan kesehatan kerja (K3) di perusahaan akan memberikan dampak yang positif serta memberikan rasa aman bagi pekerja dan sekitarnya. Analisis risiko kecelakaan kerja merupakan bentuk evaluasi terhadap bahaya yang ditimbulkan dari aktivitas atau pekerjaan yang rentan terjadi kecelakaan kerja. Metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) merupakan metode yang dapat digunakan untuk mendeteksi kemungkinan kegagalan, menganalisis penyebab dan akibatnya serta menyarankan tindakan korektif. Risk Priority Number (RPN) yang digunakan dalam proses Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) berguna untuk menentukan peringkat setiap metode risiko dan kegagalan. Kemudian teknik ini juga dapat membuat skala prioritas perbaikan dari setiap mode kegagalan untuk mempermudah prosedur perbaikan. Nilai Risk Priority didapat dari hasil identifikasi risiko, yaitu tingkat keparahan (saverity), tingkat kemungkinan kejadian (occurrence), dan tingkat pendeteksian (detection. Hasil analisis risiko kecelakaan kerja yang diolah dengan metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) didapatkan 3 jenis kecelakaan kerja yang memiliki nilai Risk Priority Number (RPN) tertinggi yaitu tangan tersetrum, tangan terkilir, dan kaki terepleset pada proyek instalasi air conditioning di Swissbel Hotel Indramayu oleh PT. Klasstek Cipta Karya. Kecelakaan kerja tersebut diakibatkan dari beberapa faktor diantaranya man (manusia), machine (mesin), method (metode), material (bahan baku), dan environment (lingkungan). Output yang dihasilkan dari penelitian ini yaitu mengetahui jenis kecelakaan kerja yang dominan terjadi dan merumuskan tindakan perbaikan untuk mengurangi risiko kecekakaan kerja pada proyek selanjutnya yang akan dikerjakan oleh PT. Klasstek Cipta Karya. Kata kunci : Kecelakaan kerja, Failure Mode and Effect Analysis, Risk Priority Number.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2024
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 18 Sep 2024 06:08
Last Modified: 18 Sep 2024 06:08
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70213

Actions (login required)

View Item View Item