STUDI KUALITAS AIR SUNGAI CINAMBO KOTA BANDUNG DENGAN MENGGUNAKAN METODE STREETER-PHELPS DAN REKOMENDASI PERBAIKAN SUNGAI

Damara, Fahrul and Yonik Meilawati Yustiani, Ds and Sri Wahyuni, DS (2024) STUDI KUALITAS AIR SUNGAI CINAMBO KOTA BANDUNG DENGAN MENGGUNAKAN METODE STREETER-PHELPS DAN REKOMENDASI PERBAIKAN SUNGAI. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Fahrul Damara_173050029_Teknik Lingkungan.pdf

Download (224kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK Sungai Cinambo merupakan sungai yang terletak di Kota Bandung, dengan lokasi hulu terletak di Jl. Sukalilah dan lokasi hilir di Jl. Rancapacing. Permasalahan yang terjadi di Sungai Cinambo disebabkan pembuangan sampah, limbah domestik, dan limbah industri. Sehingga dapat menyebabkan kualitas air Sungai Cinambo menurun. Tujuan penelitian ini menganalisis kondisi Sungai Cinambo. Parameter kualitas air Sungai Cinambo dibandingkan dengan baku mutu sungai kelas II berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 2021. Metode yang digunakan untuk perhitungan kapasitas biodegradasi yaitu Rasio BOD/COD. Menentukan beban BOD menggunakan persamaan Streeter – Phelps. Hasil analisis dari parameter pH, BOD, COD, Minyak dan Lemak, Detergen. Kapasitas biodegradasi yang didapatkan dari hasil perhitungan pada kondisi slow biodegradable dengan nilai rasio sebesar 0,32 – 0,39, untuk kondisi biodegradable dengan nilai 0,67 dan non-biodegradable dengan nilai rasio 0,27. Nilai defisit oksigen tertinggi pada segmen 2,88 mg/L. Beban BOD maksimum tertinggi yang dapat ditampung di Sungai Cinambo pada segmen hulu menuju tengah pada tahun 2021 sebesar 52.53 mg/L.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Lingkungan 2024
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 18 Sep 2024 03:10
Last Modified: 18 Sep 2024 03:10
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70194

Actions (login required)

View Item View Item