PEMBANGUNAN APLIKASI PEMBELAJARAN BERBASIS WEB UNTUK MELATIH FOKUS MAHASISWA DENGAN TEKNIK POMODORO

Baihaq, Rizal and Fajar Darmawan, DS (2024) PEMBANGUNAN APLIKASI PEMBELAJARAN BERBASIS WEB UNTUK MELATIH FOKUS MAHASISWA DENGAN TEKNIK POMODORO. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Rizal Baihaqi_203040067_Teknik Informatika.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK Dalam era digital saat ini, banyak mahasiswa mengalami kesulitan dalam mempertahankan fokus selama proses pembelajaran. Teknik Pomodoro, yang membagi waktu belajar menjadi interval fokus diikuti dengan istirahat, telah terbukti efektif dalam meningkatkan konsentrasi. Oleh karena itu, dibutuhkan aplikasi pembelajaran berbasis web yang dapat menerapkan teknik ini untuk membantu mahasiswa dalam mengelola waktu belajar mereka. Penelitian ini dilakukan dengan mengembangkan aplikasi pembelajaran berbasis web bernama Codecycles, yang dibangun menggunakan framework Laravel, Tailwind, dan Filament. Proses pengembangan meliputi perancangan antarmuka pengguna, pengintegrasian sistem timer Pomodoro, serta pengujian alpha testing dengan menggunakan metode black box testing. Aplikasi ini dirancang untuk memungkinkan mahasiswa mengatur sesi belajar mereka dengan cara yang lebih terstruktur dan terfokus. Hasil dari penelitian tugas akhir ini yaitu aplikasi pembelajaran berbasis web untuk melatih fokus mahasiswa dengan menerapkan teknik pomodoro. Dari penelitian ini aplikasi pembelajaran berbasis web menyediakan fitur yang memudahkan pengguna dalam mengakses materi pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan pengalaman belajar mahasiswa secara keseluruhan. Kata Kunci: Fokus belajar, Teknik Pomodoro, Aplikasi Pembelajaran, Alpha testing, Black Box Testing

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2024
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 17 Sep 2024 08:04
Last Modified: 17 Sep 2024 08:04
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70180

Actions (login required)

View Item View Item