STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DI RUMAH MAKAN MA’ATE KABUPATEN KARAWANG

Afrani, Zahra (2024) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DI RUMAH MAKAN MA’ATE KABUPATEN KARAWANG. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (487kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (481kB) | Preview

Abstract

Perkembangan bisnis kuliner di Kecamatan Batujaya, Kabupaten Karawang, semakin pesat dan menjadi sektor yang diminati oleh para pelaku usaha. Namun, pasar potensial di bidang kuliner tidak selalu menjamin kelangsungan usaha kuliner. Beberapa tempat kuliner mengalami kebangkrutan, sementara yang lain, seperti Rumah Makan Ma’Ate, tetap beroperasi dengan pelanggan setia. Tantangan yang dihadapi termasuk persaingan ketat dari rumah makan, warung nasi, dan UMKM cepat saji, serta lokasi yang jauh dari perkotaan sehingga tidak terjangkau layanan pesan antar seperti Grab, Gojek, dan Shopeefood. Selain itu, promosi yang kurang maksimal di media sosial membuat konsumen kesulitan mengetahui informasi tentang menu, promo, dan fasilitas yang ditawarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Rumah Makan Ma’Ate di Kabupaten Karawang dalam meningkatkan kunjungan konsumennya serta untuk mengetahui apa saja hambatan yang dihadapi dalam menjalankan strategi komunikasi pemasarannya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yang mencari informasi mengenai gejala yang ada, memperjelas tujuan yang ingin dicapai, merencanakan tindakan, dan mengumpulkan data yang akan dijadikan bahan pembuatan laporan. Metode penelitia yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kualitatif dengan menggunakan Teori AIDA dari Elias St. Elmo Lewis yang dimulai dari tahap perhatian (attention) berlanjut ke tahap ketertarikan (interest) berlanjut ke tingkat keinginan (desire) kemudian pembeli memutuskan untuk membeli produk yang ditawarkan (action). Teknik pengumpulan data dari penelitian ini dengan cara studi pustakan dana studi lapangan. Studi pengumpulan data dapat dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi Hasil dari penelitian ini adalah Rumah Makan Ma’Ate menarik perhatian konsumen dengan fasilitas menarik, visual seperti banner, dan bangunan unik. Untuk meningkatkan minat, mereka menawarkan pelayanan dan fasilitas terbaik. Fokus pada kebersihan, suasana nyaman, dan menu lezat membantu meningkatkan keinginan konsumen. Pelanggan menunjukkan minat setelah diperkenalkan dengan berbagai pilihan menu. Saran bagi Rumah Makan Ma’Ate adalah meningkatkan komunikasi melalui media sosial, email, dan promosi langsung untuk mempertahankan minat konsumen dan memperkuat hubungan. Inovasi dan adaptasi terhadap perubahan pasar akan membantu mereka tetap relevan dan diminati. Kata kunci : Rumah Makan Ma’Ate, Strategi Komunikasi, AIDA

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2024
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 17 Sep 2024 07:20
Last Modified: 17 Sep 2024 07:20
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70174

Actions (login required)

View Item View Item