Pengaruh Terpaan Media Akun Instagram @pinterpolitik terhadap Kesadaran Politik Generasi Z

Cahyani, Kirina Putri (2024) Pengaruh Terpaan Media Akun Instagram @pinterpolitik terhadap Kesadaran Politik Generasi Z. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
06-Daftar Isi.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05-Kata Pengantar.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09-Bab 1.pdf

Download (763kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10-Bab2.pdf

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04-Abstrak.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
01-cover.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02-Lembar Pengesahan.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14-Daftar Pustaka.pdf

Download (416kB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi telah mengubah kecenderungan masyarakat dalam mencari informasi, termasuk mengenai politik. Generasi Z sebagai generasi yang terpengaruh sejak kecil oleh teknologi, cenderung menggunakan media sosial sebagai sumber informasi utama untuk memperluas wawasan politik mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh terpaan media dari akun Instagram @pinterpolitik yang secara khusus memfokuskan diri membahas berita dan isu politik terhadap kesadaran politik Generasi Z. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode survey dan analisis data menggunakan analisis jaluar atau Path Analysis. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Uses and Effects yang dikemukakan oleh Sven Windahl. Teori ini membantu dalam memahami motivasi dibalik konsumsi media dan bagaimana media dapat memengaruhi perilaku dan persepsi individu. Teknik sampling yang digunakan adalah non probability dengan incidental sampling dengan menyebarkan kuesioner di media sosial kepada 100 orang responden yang merupakan pengikut akun Intagram @pinterpolitik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Terpaan Media (X) dari akun Instagram @pinterpolitik secara simultan berpengaruh sebesar 63,7% terhadap Kesadaran Politik (Y) Generasi Z. Secara parsial, Frekuensi (X1) memberikan pengaruh sebesar 24,3%, Durasi (X2) memberikan pengaruh sebesar 14,0%, dan Atensi (X3) memberikan pengaruh sebesar 25,4% terhadap Kesadaran Politik (Y) Generasi Z. Implikasi dari hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan untuk merancang strategi komunikasi politik yang lebih efektif di platform media sosial, khususnya dalam menjangkau dan mempengaruhi generasi Z dalam konteks politik. Kata Kunci : Terpaan Media, Kesadaran Politik, Generasi Z

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2024
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 17 Sep 2024 03:29
Last Modified: 17 Sep 2024 03:29
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70152

Actions (login required)

View Item View Item