SEPTIANI FIKRIYYAH FARRAS, 205060105 (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI QUIZIZZ TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI SISWA SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperimen di Kelas V Pada Mata Pelajaran Matematika di SDN 127 Sekeloa Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER DEPAN.pdf Download (218kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (336kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB I.pdf Download (405kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB II.pdf Download (619kB) | Preview |
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (649kB) |
||
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (709kB) |
||
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (354kB) |
||
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (450kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan Numerasi merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa. Namun beberapa studi menunjukkan kemampuan numerasi siswa di sekolah dasar masih terbilang rendah. Model Problem Based Learning berbantuan aplikasi Quizizz merupakan salah satu strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan numerasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan numerasi siswa pada pembelajaran matematika dengan menggunakan model Problem Based Learning berbantuan aplikasi Quizizz. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan quasi eksperimen desain Non-equivalent Control Group Pretest - Posttest. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 127 Sekeloa Kota Bandung, dengan jumlah siswa kelas VA sebagai kelas eksperimen sebanyak 25 dan kelas VB sebagai kelas kontrol sebanyak 25. Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui tes dan non-tes. Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan model Problem Based Learning berbantuan aplikasi Quizizz dapat meningkatkan kemampuan numerasi siswa. Hal tersebut dibuktikan melalui uji analisis deskriptif yang menunjukkan bahwa rata – rata nilai posttest di kelas eksperimen sebesar 81,00, sedangkan posttest di kelas kontrol sebesar 62,40. Berdasrkan hasil uji Independent Sample T-test nilai Sig (2-tailed) diperoleh data posttest 0,000 < 0,05 yang berarti maka Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model Problem Based Learning berbantuan aplikasi Quiizizz terhadap kemampuan numerasi siswa. Kata kunci : Problem Based Learning, Aplikasi Quizizz, Kemampuan Numerasi
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 14 Sep 2024 04:12 |
Last Modified: | 14 Sep 2024 04:12 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70124 |
Actions (login required)
View Item |