ANALISIS BERMAIN GAME ONLINE PADA MINAT BELAJAR SISWA SDIT AR-RAHMAN KABUPATEN SUBANG

Rianti, Tiara Putri (2024) ANALISIS BERMAIN GAME ONLINE PADA MINAT BELAJAR SISWA SDIT AR-RAHMAN KABUPATEN SUBANG. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN-1.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK penelitian (1).pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFUSSSSS (1).pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR FINAL (1).pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI FINAL BGT BGTT.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 REVISI (1).pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 REVISIIII (1).pdf

Download (371kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek kognitif, efek afektif dan efek behaviorial bermain game online pada minat belajar siswa SDIT Ar-Rahman. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitiannya yaitu siswa, guru dan orang tua murid. Penelitian ini menggunakan teori Ketergantungan Media. Analisis dengan teknik pengumpulan data melalui studi lapangan meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian peneliti menemukan tidak adanya kecanduan terhadap game melainkan ketergantungan terhadap gadget itu sendiri. Meskipun temuan dari penelitian ini tidak menunjukkan adanya kecanduan game online, namun intensitas bermain game siswa lebih dari 2 jam per-hari memungkinkan mereka menjadi ketergantungan dengan gadget itu sendiri. Hal ini dikarenakan sebagian besar siswa cenderung bermain game melalui gadgetnya masing-masing. tidak ada dampak negatif yang signifikan terhadap minat belajar siswa SDIT Ar-Rahman yang disebabkan oleh bermain game online.Karena Sebagian siswa SDIT Ar-Rahman sudah mampu mengatur waktunya dengan baik antara belajar dan bermain game, Namun, terdapat dampak buruk yang terjadi dalam sikap dan perilaku siswa, seperti berbahasa kasar, sering memukul, berteriak- teriak dan perbuatan nakal lainnya. Dengan demikian, siswa cenderung menjadi lebih tergantung dengan gadget sebagai media yang dapat mengakomodasikan beragam kebutuhan mereka daripada bergantung pada game online. kata kunci: siswa, game online, dan minat belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2024
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 13 Sep 2024 04:14
Last Modified: 13 Sep 2024 04:14
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70075

Actions (login required)

View Item View Item