Rianti, Tiara Putri (2024) ANALISIS BERMAIN GAME ONLINE PADA MINAT BELAJAR SISWA SDIT AR-RAHMAN KABUPATEN SUBANG. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (35kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN-1.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK penelitian (1).pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text
DAFUSSSSS (1).pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text
KATA PENGANTAR FINAL (1).pdf Download (129kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI FINAL BGT BGTT.pdf Download (133kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1 REVISI (1).pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2 REVISIIII (1).pdf Download (371kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek kognitif, efek afektif dan efek behaviorial bermain game online pada minat belajar siswa SDIT Ar-Rahman. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitiannya yaitu siswa, guru dan orang tua murid. Penelitian ini menggunakan teori Ketergantungan Media. Analisis dengan teknik pengumpulan data melalui studi lapangan meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian peneliti menemukan tidak adanya kecanduan terhadap game melainkan ketergantungan terhadap gadget itu sendiri. Meskipun temuan dari penelitian ini tidak menunjukkan adanya kecanduan game online, namun intensitas bermain game siswa lebih dari 2 jam per-hari memungkinkan mereka menjadi ketergantungan dengan gadget itu sendiri. Hal ini dikarenakan sebagian besar siswa cenderung bermain game melalui gadgetnya masing-masing. tidak ada dampak negatif yang signifikan terhadap minat belajar siswa SDIT Ar-Rahman yang disebabkan oleh bermain game online.Karena Sebagian siswa SDIT Ar-Rahman sudah mampu mengatur waktunya dengan baik antara belajar dan bermain game, Namun, terdapat dampak buruk yang terjadi dalam sikap dan perilaku siswa, seperti berbahasa kasar, sering memukul, berteriak- teriak dan perbuatan nakal lainnya. Dengan demikian, siswa cenderung menjadi lebih tergantung dengan gadget sebagai media yang dapat mengakomodasikan beragam kebutuhan mereka daripada bergantung pada game online. kata kunci: siswa, game online, dan minat belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2024 |
Depositing User: | Drs Iwan Ridwan |
Date Deposited: | 13 Sep 2024 04:14 |
Last Modified: | 13 Sep 2024 04:14 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70075 |
Actions (login required)
View Item |