KEBANGKITAN TIONGKOK DAN PENGARUHNYA TERHADAP ESKALASI KONFLIK KEPENTINGAN TIONGKOK-AMERIKA SERIKAT DI KAWASAN INDO-PASIFIK

Ros, Cikal Azril Canigia (2024) KEBANGKITAN TIONGKOK DAN PENGARUHNYA TERHADAP ESKALASI KONFLIK KEPENTINGAN TIONGKOK-AMERIKA SERIKAT DI KAWASAN INDO-PASIFIK. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Kata Pengantar.pdf

Download (424kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (513kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (915kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (537kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (811kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak 3 bahasa.pdf

Download (609kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (630kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Diseminasi ide tematik tentang Indo-Pasifik di dunia kontemporer bergerak dengan penuh akselerasi yang merangsang proses penalaran dialektis dalam perbincangan diskursif antar para pemikir lintas disiplin keilmuan. Hubungan internasional mengadopsi konsep Indo-Pasifik untuk mendeskripsikan dekonstruksi terminologi regional Asia-Pasifik yang kemudian masif dikristalisasi menjadi nomenklatur kebijakan strategis negara. Koherensi diskusi strategis tentang Indo-Pasifik adalah terjalin berkelindan dengan diskursus eskalasi kebangkitan Tiongkok dan pengaruhnya yang ekstensif. Pencapaian impresif Tiongkok dengan mekanisme koridor program intensifikasi gradualisme pembangunan di domain internal menuntun pada peningkatan kumulatif kekuatan nasional secara multidimensi yang kian gigantik. Sehingga, dinamika transformatif ini mengikis disparitas kapabilitas power dengan status quo Amerika Serikat. Teori power transition menjadi lensa instrumental untuk mengkaji dengan holistik mengenai implikasi strategis dari polaritas paritas power antara Tiongkok dan Amerika Serikat dalam kerangka dinamika konstelasi politik internasional kontemporer di Indo-Pasifik. Dalam konteks ini, desain interaktif antar kekuatan global Amerika Serikat dan Tiongkok mengarah pada antagonisme yang memicu konflik. Kebangkitan Tiongkok inheren dengan variabel ketidakpuasan terhadap konfigurasi tatanan global Barat yang distimulasi ikatan sejarah inferioritas pada masa lampau. Ketidakpuasan ini diekspresikan konkret dalam inisiatif agresif yang menjadi liabilitas bagi kontinuitas kepentingan Amerika Serikat di Indo-Pasifik. Kata Kunci: Indo-Pasifik, Kebangkitan Tiongkok, Amerika Serikat, Power Transition, Kepentingan Nasional, Konflik.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2024
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 13 Sep 2024 03:19
Last Modified: 13 Sep 2024 03:19
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70062

Actions (login required)

View Item View Item