PERANCANGAN ANTARMUKA PENGGUNA E-MARKETPLACE UMKM BERBASIS MOBILE MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN (STUDI KASUS : UMKM GEULIS)

Rosliani, Sulis and Fajar Darmawan, DS (2024) PERANCANGAN ANTARMUKA PENGGUNA E-MARKETPLACE UMKM BERBASIS MOBILE MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN (STUDI KASUS : UMKM GEULIS). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Sulis Rosliani_203040011_Teknik Informatika.pdf

Download (500kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK UMKM merupakan usaha mikro kecil dan menengah, UMKM adalah jenis perusahaan di Indonesia yang dimiliki perorangan maupun badan usaha. Perkembangan teknologi pada saat ini tentu saja mempengaruhi UMKM mengenai penjualannya. Jika kita tidak mampu menyeimbangi kemajuan teknologi pada saat ini maka penjulan pada UMKM ini mungkin akan sedikit tertinggal dikarenakan banyaknya pelanggan sekarang yang lebih senang jika ber belanja secara online. Untuk itu, dirancang sebuah sistem e-marketplace UMKM berbasis mobile ini guna memudahkan para pelanggan dalam melakukan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk merancang antarmuka pengguna pada aplikasi mobile e-marketplace UMKM dengan menerapkan metode User Centered Design. Antarmuka pengguna berkaitan dengan bagaimana pengalaman dan perasaan pengguna saat berinteraksi dengan produk atau layanan. User Centered Design Metodologi desain yang berpusat pada pengguna, bertujuan untuk menciptakan sebuah produk/layanan/aplikasi digital untuk mendorong perangkat lunak pengembang untuk fokus pada pengalaman pengguna secara keseluruhan produk perangkat lunak selama keseluruhan siklus pengembangan, Metode user centered design digunakan untuk membantu perancangan dikarenakan aspek utamanya adalah keterlibatan pengguna pada seluruh prosesnya. Sehingga metode ini menjadi panduan dalam membuat aplikasi atau website yang bertujuan pada kebutuhan pengguna. Proses ini meliputi langkah Plan the Human Centered Process , Specify the Context of Use, Specify User and Organizational Requirement, Produce Design Solutions, Evaluate Designs Against User Requirement. Hasil penelitian tugas akhir ini adalah sebuah rancangan antarmuka pengguna berbasis mobile e-marketplace umkm GEULIS. Rancangan ini akan membantu mempermudah penjual dan pembeli melakukan jual beli tanpa harus kontak langsung dan membantu meningkatkan penjualan pada UMKM. Kata kunci : User Centered Design, UMKM, e-marketplace.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2024
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 13 Sep 2024 03:02
Last Modified: 13 Sep 2024 03:02
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70050

Actions (login required)

View Item View Item