PENGUKURAN KINERJA MANAJEMEN RANTAI PASOK PADA PT DIRGANTARA INDONESIA (SUB DIT MATERIAL & SUPPLY CHAIN MANAGEMENT) DENGAN PENDEKATAN SCOR (SUPPLY-CHAIN OPERATIONS REFERENCE)

EKA PUTRA, RAMDHAN and Syarwani,, Moh. (2024) PENGUKURAN KINERJA MANAJEMEN RANTAI PASOK PADA PT DIRGANTARA INDONESIA (SUB DIT MATERIAL & SUPPLY CHAIN MANAGEMENT) DENGAN PENDEKATAN SCOR (SUPPLY-CHAIN OPERATIONS REFERENCE). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
RAMDHAN EKA PUTRA_203010105_TEKNIK INDUSTRI.pdf

Download (694kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena pada RKDM (Rencanan Kebutuhan Dasar Material) yang memiliki pengadaan material yang belum terealisasi semua pada PT Dirgantara Indonesia, mulai dari kode pembeliannya seperti pada PBD (Permintaan Bantuan Pengerjaan) terdapat 162 material yang belum terealisasi dari 168 material, 122 material pada kode PMT (Pembelian Material Tunai) yang belum terealisasi dan 302 material yang sudah terealisasi, terakhir 16 material yang belum terealisasi pada kode PO (Purchase Order) dari 151 yang sudah terealisasi. Dalam pengolahan data pada penelitian ini menggunakan metode SCOR (Supply Chain Operations Reference). Indikator yang dugunakan sebanyak 16 untuk mewakili alur dari rantai pasok utama yaitu plan, source, make, delivery, dan return. Pengukuran yang diamati hanya pada pada bulan Januari, Februari, Maret, April, Mei, dan Juni. Dari hasil nilai aktual tersebyt di hitung untuk hasil akhir yang didapatkan pada proses perhitungan nilai akhir SCOR ini diketahui bahwa pada bulan Maret untuk indikator timely delivery performance by supllier pada bulan maret memiki nilai sebesar 50%, sehingga bisa mempengaruhi proses selanjutnya dalam manajamen rantai pasok tersebut. terlihat pada indikator Adherence to production schedule terdapat keterlambatan proses produksi pada bulan maret dan mendapatkan nilai aktual sebesar 82%. Kata Kunci : Manufaktur, Rantai Pasok, Material, dan SCOR (Supply Chain Operations Reference)

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2024
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 13 Sep 2024 02:55
Last Modified: 13 Sep 2024 02:55
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70046

Actions (login required)

View Item View Item