ANALISIS STUDI KELAYAKAN USAHA PADA PENGEMBANGAN USAHA UMKM DI KABUPATEN SUMEDANG (STUDI KASUS : UMKM AYAM KAMASAN)ANALISIS STUDI KELAYAKAN USAHA PADA PENGEMBANGAN USAHA UMKM DI KABUPATEN SUMEDANG (STUDI KASUS : UMKM AYAM KAMASAN)

Luthfi Nabiil, Naufal and Iman Firmansyah, DS (2024) ANALISIS STUDI KELAYAKAN USAHA PADA PENGEMBANGAN USAHA UMKM DI KABUPATEN SUMEDANG (STUDI KASUS : UMKM AYAM KAMASAN)ANALISIS STUDI KELAYAKAN USAHA PADA PENGEMBANGAN USAHA UMKM DI KABUPATEN SUMEDANG (STUDI KASUS : UMKM AYAM KAMASAN). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Naufal Luthfi Nabiil_203010078_Teknik Industri.pdf

Download (561kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK Pelaku bisnis saat ini didominasi oleh kalangan UMKM yang sedang sangat berkembang pesat.Dalam menjalankan usaha UMKM diperlukan perencanaan yang baik agar menghasilkan Keputusan investasi yang menguntungkan, terutama dalam rencana pengembangan usaha diperlukan studi kelayakan bisnis agar pengembangan usaha yang dilakukan menghasilkan Keputusan investasi yang menguntungkan. UMKM Ayam Kamasan merupakan UMKM yang menjual berbagai olahan menu ayam di Kabupaten Sumedang Dimana UMKM ini akan menggembangkan usahanya pada Sumedang Selatan. Terdapat Plan Action berdasarkan hasil pengolahan strategi bisnis dan pemasaran menggunakan metode SWOT yaitu strategi SO dengan Pengembangan pasar dan produk, strategi WO dengan mengoptimalkan proses bisnis, strategi ST dengan marketing mix 4P dan strategi WT dengan perluasan distribusi dan promosi secara digital kemudian strategi tersebut dimaksimalkan dengan strategi pemasaran yang berkaitan. Untuk aspek studi kelayakan bisnis yaitu aspek pasar dan pemasaran, aspek teknis dan teknlogi, aspek manajemen sumber daya manusia, aspek hukum, aspek lingkungan, aspek sosial dan budaya dan aspek finansial. Berdasarkan hasil penilaian metode kelayakan investasi NPV, IRR, PBP, dan PI maka investasi UMKM Ayam Kamasan cabang Sumedang Selatan ini layak untuk dilaksanakan. Kata Kunci: Bisnis, UMKM, Strategi, Studi Kelayakan Bisnis, Investasi

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2024
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 13 Sep 2024 02:41
Last Modified: 13 Sep 2024 02:41
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70037

Actions (login required)

View Item View Item