PEMBANGUNAN APLIKASI PENGELOLAAN, BOOKING DAN MANAJEMEN KEUANGAN DATA ASRAMA MAHASISWA SULAWESI TENGAH DI BANDUNG BERBASIS WEB MENGGUNAKAN REACT.JS

Fajri Tolani, Aril and Wanda Gusdya, DS (2024) PEMBANGUNAN APLIKASI PENGELOLAAN, BOOKING DAN MANAJEMEN KEUANGAN DATA ASRAMA MAHASISWA SULAWESI TENGAH DI BANDUNG BERBASIS WEB MENGGUNAKAN REACT.JS. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
ArilFajriTolani_203040013_TeknikInformatika.pdf

Download (398kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah mengubah paradigma pengelolaan informasi, termasuk dalam konteks asrama mahasiswa. Asrama Mahasiswa Sulawesi Tengah di Bandung saat ini menghadapi tantangan terkait kurangnya akses informasi yang terbaru dan pencatatan data secara konvensional yang menyulitkan dalam pengelolaan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun sebuah aplikasi berbasis web sebagai solusi untuk menyediakan informasi tentang asrama dan mempermudah calon mahasiswa/mahasiswi asal Sulawesi Tengah dalam melakukan booking kamar asrama secara online. Metode pengembangan menggunakan model prototyping. Prototyping terdapat beberapa tahapan yaitu, communication merupakan komunikasi dengan pengguna, quick plan merupakan perencanaan awal dilakukan dengan menganalisis kebutuhan sistem, modelling quick design pada tahap ini melibatkan perancangan alur kerja aplikasi, menghasilkan Unified Modeling Language (UML), construction of prototype merupakan prototipe awal dibuat secara cepat untuk memberikan gambaran awal dari aplikasi yang akan dibuat dan nantinya akan menggunakan Bahasa pemrograman menggunakan JavaScript dengan library React.js, deployment, delivery and feedback merupakan perbaikan prototipe berdasarkan evaluasi dan produksi akhir perangkat yang siap digunakan oleh pengguna. Hasil dari penlitian ini yaitu membangun aplikasi berbasis website yang mencakup fitur pengelolaan data asrama, booking kamar, manajemen keuangan, serta laporan data mahasiswa dan keuangan secara otomatis. Kata Kunci : Asrama Mahasiswa, Website, React.JS, Prototyping.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2024
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 13 Sep 2024 02:25
Last Modified: 13 Sep 2024 02:25
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70033

Actions (login required)

View Item View Item