IDENTIFIKASI STATUS HAMA TANAMAN KOPI DI CIKOLE LEMBANG SEBAGAI DASAR PENGENDALIAN HAMA TERPADU DALAM MENUNJANG SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDGS)

MAYA, 205040021 (2024) IDENTIFIKASI STATUS HAMA TANAMAN KOPI DI CIKOLE LEMBANG SEBAGAI DASAR PENGENDALIAN HAMA TERPADU DALAM MENUNJANG SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDGS). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (501kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (787kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (424kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (593kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (250kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Tanamann kopi merupakan tanaman unggul di Indonesia, dengan potensi komoditas yang sangat besar salah satunya di Jawa Barat, untuk menjaga kualitasnya yang baik maka perlu diperhatikan perawatan dan pengendalian hama agar tidak merusak dan mengurangi produk kopi, sebelum melakukan pengendalian diharapkan petani mengetahui jenis hama sehingga dapat dikendalikan dengan pengendalian hama terpadu (PHT) untuk menunjang Pembangunan berkelanjutan (SDGs) sehingga dapat menjaga kualitasa kopi serta ekonomi petani dapat terjaga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelompokan jenis hama dan status hama tanaman kopi serta mengetahui faktor klimatik yang dapat memepengaruhi keberadaan hama serta mengetahui tingkat populasi hama dan pengendalian pertumbuhan hama untuk mencegah dampak ekonomis yang dapat merugikan dan meningkatkan daya tahan tanaman. Metode yang digunakan yaitu deskriptif dengan desain belt transct terdiri dari 5 staisun. Pengambilan sampel dilakukan dengan hand shorting. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu data utama pada pengidentifikasian status hama yang terdapat 19 spesies, 7 ordo dan 14 famili. Spesies yang termasuk ke dalam Status hama utama yaitu Coccus viridis, dan Paracoccus marginatus spesies yang termasuk ke dalam hama minor Hypothenemus hampei dan Zeuzera coffeae, spesies yang termasuk ke dalam status hama potensial yaitu Lilioceris lili, Bolitotherus cornutus, Xylosandrus compactus, Phyllobius glaucus, Bactocera dorsalis, Lepyronia quadrangularis dan Tenebrio molitor dan spesies hama yang termasuk ke dalam hama migran yaitu Booneocris glacialis, Tettigonia viridissima, Dasychira chekiangensis, Diapheromera femorata, Pycnoscelus surinamensis dan Megaphasma dentricus. Kata kunci: Pembangunan berkelnajutan (SDGs), Pengendalian hama, Status hama, Tanaman kopi

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 13 Sep 2024 02:26
Last Modified: 13 Sep 2024 02:26
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70030

Actions (login required)

View Item View Item