PENERAPAN PENGENDALIAN PERSEDIAAN RAW MATERIAL NON-METAL UNTUK PART TAIL BOOM HELIKOPTER DENGAN METODE MIN – MAX STOCK (STUDI KASUS: PT. DIRGANTARA INDONESIA)

LIDYA GANIA, INE and Yogi Yogaswara, DS (2024) PENERAPAN PENGENDALIAN PERSEDIAAN RAW MATERIAL NON-METAL UNTUK PART TAIL BOOM HELIKOPTER DENGAN METODE MIN – MAX STOCK (STUDI KASUS: PT. DIRGANTARA INDONESIA). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Ine Lidya Gania_203010031_Teknik Industri.pdf

Download (822kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK PT. Dirgantara Indonesia merupakan perusahaan pada bidang aviasi yang memproduksi berbagai macam part pesawat maupun helikopter, Salah satu part helikopter yang diproduksi part tail boom, tail boom merupakan bagian ekor helikopter. salah satu material yang digunakan raw material non-metal. Beberapa terjadi permasalahan, salah satunya pada raw material non-metal polychloroprene elastomer plates terjadi stock yang berlebih atau overstock pada persediaan dibandingkan dengan penggunaan. Pengendalian persediaan pada PT. Dirgantara Indonesia dapat diterapkan dengan menggunakan metode Min-Max Stock. Sehingga pengendalian persediaan yang dilakukan dapat menentukan safety stock, minimum stock, maximum stock, order quantity, reorder point, dan frekuensi pemesanan, hasil penelitian dilihat dengan melakukan perbandingan biaya yang keluarkan sebelum dan sesudah menggunakan metode. Metode Min-Max Stock dapat mengurangi persediaan dan biaya yang dikeluarkan lebih efisien dan keuntungan yang didapatkan lebih besar, dikarenakan raw material merupakan material pendukung yang menjadi penentu perusahaan dalam melakukan produksi Kata kunci: Pengendalian Persediaan, Material, Overstock, Metode Min-Max Stock

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2024
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 13 Sep 2024 02:13
Last Modified: 13 Sep 2024 02:13
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70025

Actions (login required)

View Item View Item