PERANCANGAN ANTARMUKA PENGGUNA PELAYANAN KESEHATAN PUSKESMAS BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE DOUBLE DIAMOND (STUDI KASUS : PUSKESMAS PADALARANG KABUPATEN BANDUNG BARAT)

Salma Sabilla, Azikra and Fajar Darmawan, DS (2024) PERANCANGAN ANTARMUKA PENGGUNA PELAYANAN KESEHATAN PUSKESMAS BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE DOUBLE DIAMOND (STUDI KASUS : PUSKESMAS PADALARANG KABUPATEN BANDUNG BARAT). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
AzikraSalmaSabilla_203040016_TIF.pdf

Download (400kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK Puskesmas Padalarang adalah fasilitas pelayanan kesehatan yang terletak di Jln Raya Padalarang no 541, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat. Dengan total 37 pegawai yang terdiri dari dokter, bidan, perawat, apoteker, petugas kesehatan lainnya, serta tenaga administrasi. Puskesmas ini menghadapi beberapa masalah dalam pelayanan kesehatannya. Masalah utama meliputi proses pendaftaran manual yang memakan waktu, serta kurangnya media informatif satu pintu untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat. Dalam upaya meningkatkan kualitas layanan dan aksesibilitas informasi kesehatan, perlu dikembangkan sebuah aplikasi berbasis website. Hal ini sejalan dengan Instruksi Presiden Nomor 03 Tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan e-Government yang mewajibkan setiap lembaga negara untuk membangun website guna meningkatkan pelayanan publik. Rancangan aplikasi ini bertujuan untuk menyediakan informasi yang lengkap, informatif, dan mudah diakses, sehingga masyarakat dapat mengatur kunjungan atau melakukan pendaftaran secara online dengan lebih mudah dan cepat. Penelitian ini menggunakan metode Double Diamond, yang mengutamakan analisis masalah dan iterasi solusi untuk memastikan desain yang tepat sesuai dengan kebutuhan pengguna. Dengan pendekatan ini, aplikasi berbasis website yang dirancang dapat mengintegrasikan sistem informasi dari berbagai sub sistem, menyediakan layanan kesehatan yang lebih baik, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Hasil dari penelitian ini dapat menjadi rekomendasi bagi Puskesmas Padalarang dalam mengembangkan atau membangun website layanan kesehatan. Kata Kunci: Puskesmas Padalarang, Pelayanan Kesehatan, Website, Antarmuka Pengguna, Double Diamond

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Lingkungan 2024
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 13 Sep 2024 02:07
Last Modified: 13 Sep 2024 02:07
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70019

Actions (login required)

View Item View Item