PENDEKATAN LEAN MANUFACTURE PADA PROSES PRODUKSI PHBTR 2J ST MENGGUNAKAN SIKLUS PLANDO-CHECK-ACTION (PDCA) (Studi Kasus: Departemen Metalworks PT Tritunggal Swarna)

MAHASWARI, ANINDYA NUGRAHANI and Yogaswara, Yogi (2024) PENDEKATAN LEAN MANUFACTURE PADA PROSES PRODUKSI PHBTR 2J ST MENGGUNAKAN SIKLUS PLANDO-CHECK-ACTION (PDCA) (Studi Kasus: Departemen Metalworks PT Tritunggal Swarna). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img] Text
ANINDYA NUGRAHANI MAHASWARI 203010038_TEKNIK INDUSTRI.pdf

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di departemen metalworks PT. Tritunggal Swarna khususnya pada proses produksi panel box PHBTR 2J ST yang mana selama proses produksi kerap muncul pemborosan sehingga diperlukannya pengoptimalan pada kinerja perusahaan agar dapat mencapai produktivitas yang tinggi pada setiap perusahaan sehingga dilakukannya penelitian ini dengan sebuah pendekatan lean manufacture guna merumuskan usulan perbaikan yang dapat mengurangi dampak dari pemborosan dengan menggunakan siklus Plan-Do-Check-Action (PDCA). Adapun metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu Value Stream Mapping (VSM), Process Activity Mapping (PAM), Diagram Fishbone, dan konsep 5W1H. Jenis pemborosan tertinggi terdapat pada pemborosan waiting dengan nilai bobot sebesar 2,5. Selain itu, hasil penelitian ini menunjukan bahwa dapat meningkatkan efisiensi dari 52,9% menjadi 62,6% dan meningkatkan nilai produktivitas dari 1,32 menjadi 1,52 dengan melakukan serangkaian usulan rekomendasi perbaikan dengan menghilangkan aktivitas yang tidak memberikan nilai (NVA) dan mengurangi aktivitas yang diperlukan tetapi tidak memberikan nilai tambah (NNVA). Kata Kunci: Plan-Do-Check-Action (PDCA), Value Stream Mapping (VSM), Process Activity Mapping (PAM).

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2024
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 12 Sep 2024 07:27
Last Modified: 12 Sep 2024 07:27
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70005

Actions (login required)

View Item View Item