ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS PADA PROSES PRODUKSI SEPATU PAKAIAN DINAS LAPANGAN (PDL) ULTRAMAN DENGAN METODE SEVEN TOOLS (7 TOOLS) (STUDI KASUS: PT. SANVALOUR JAYA MANDIRI)

DRAJAT, BELA MUSLIMAWATI and Katon, Wahyu (2024) ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS PADA PROSES PRODUKSI SEPATU PAKAIAN DINAS LAPANGAN (PDL) ULTRAMAN DENGAN METODE SEVEN TOOLS (7 TOOLS) (STUDI KASUS: PT. SANVALOUR JAYA MANDIRI). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img] Text
Bela Muslimawati Drajat_203010012_Teknik Industri.pdf

Download (0B)

Abstract

Pengendalian kualitas adalah suatu kegiatan untuk memastikan bahwa kinerja yang sebenarnya dilakukan sesuai dengan rencana. PT. Sanvalour Jaya Mandiri merupakan perusahaan manufaktur pada bidang produksi sepatu, salah satu jenis sepatu yang diproduksi adalah sepatu Pakaian Dinas Lapangan (PDL). Dalam proses pengecekannya yang dilakukan oleh bagian yang fokus pada pengendalian kualitas yaitu bagian QC, produk yang telah melalui proses finishing dan siap packing, produk masih banyak ditemukannya cacat produk yang belum sesuai dengan standar kualitas yang telah ditentukan perusahaan khususnya pada produk jadi. Dengan adanya kondisi tersebut, proses produksi sepatu PDL sering mengalami keterlambatan pengiriman kepada konsumen yang membuat kerugian baik kepada perusahaan maupun konsumen. Metode yang digunakan untuk mengatasi permasalahan yang terjadi yaitu meminimalisir produk cacat di setiap periode produksinya dengan metode seven tools. Metode tersebut berguna untuk mendeteksi adanya kejanggalan pada proses produksi yang dapat mengakibatkan kesalahan yang lebih besar pada ruang produksi. Metode seven tools meliputi histogram, check sheet, process flowchart, pareto diagram, fishbone diagram, scatter diagram, control chart. Dari hasil pengolahan data dengan metode tersebut, diperoleh tingkat cacat pada produk cacat critical 25%, major 63%, dan minor 12%. Dengan begitu, perusahaan melakukan pengawasan terhadap tenaga kerja dalam proses produksi sepatu dengan alur produksi yang telah perusahaan tentukan. Selain itu, penambahan proses inspeksi pada setiap bagian sepatu.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2024
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 12 Sep 2024 07:23
Last Modified: 12 Sep 2024 07:23
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70004

Actions (login required)

View Item View Item