PERENCANAAN PRODUKSI DENGAN UNCOMMON SINGLE DUE DATE DAN PENJADWALAN PRODUKSI MENGGUNAKAN METODE LONGEST PROCESSING TIME (LPT) (STUDI KASUS : PT. SAKURA JAVA INDONESIA)

Alfaridzi, Muhammad Riffa and Dimyati, Tjutju Tarliah (2024) PERENCANAAN PRODUKSI DENGAN UNCOMMON SINGLE DUE DATE DAN PENJADWALAN PRODUKSI MENGGUNAKAN METODE LONGEST PROCESSING TIME (LPT) (STUDI KASUS : PT. SAKURA JAVA INDONESIA). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img] Text
Muhammad Riffa Alfaridzi_203010112_Teknik Industri.pdf

Download (0B)

Abstract

PT. Sakura Java Indonesia adalah perusahaan manufaktur yang bergerak di bidang inudtsri, yang produk nya berupa muffler atau knalpot motor. Dengan adanya orderan dalam jumlah yang banyak secara terus menurus tentu perlu dilakukan perencanaan dan penjadwalan produksi guna mengoptimalkan permintaan yang ada. Perencanaan produksi menggunakan uncommon single due date yang setiap hari nya permintaan harus dikirim kepada customer. Perencanaan produksi pada penelitian ini dibantu dengan software lindo untuk menentukan produksi dan waktu produksi per hari nya. Setelah dilakukan perencanaan, maka selanjutnya terdapat penjadwalan produksi, yang dimana digunakan untuk mengetahui urutan pengerjaan dari ketiga jenis muffler yang diteliti. Penjadwalan produksi ini menggunakan metode Longest processing time (LPT), metode ini mengurutkan pekerjaan dari waktu yang terlama sampai waktu terpendek. Hasil pada penelitian imi yaitu, selama 15 hari didapatkan produk mana yang harus diselesaikan terlebih dahulu per hari nya, waktu yang dibutuhkan untuk memproduksi keseluruhan produk dan pada setiap hari nya perlu dilakukan over time untuk memenuhi permintaan yang banyak dari customer Kata Kunci : Perencanaan produksi, Penjadwalan produksi, Muffler

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2024
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 12 Sep 2024 06:14
Last Modified: 12 Sep 2024 06:14
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69994

Actions (login required)

View Item View Item