USULAN STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS MENGGUNAKAN MARKETING MIX (7P) DENGAN PENDEKATAN ANALISIS SWOT (STUDI KASUS : KEDAI KOPI TERAS GANDOK)

Salsabila, Denis Khoerunnisa and Ramadhan, Toto (2024) USULAN STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS MENGGUNAKAN MARKETING MIX (7P) DENGAN PENDEKATAN ANALISIS SWOT (STUDI KASUS : KEDAI KOPI TERAS GANDOK). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img] Text
DENIS KHOERUNNISA SALSABILA_203010064_TEKNIK INDUSTRI.pdf

Download (0B)

Abstract

Peningkatan jumlah kedai kopi yang ada memberikan dampak kepada pertumbuhan dan persaingan di industri coffe shop yang semakin marak dimana muncul banyak pesaing yang berlomba-lomba untuk menawarkan produk dengan sangat kompetitif. Semakin ketatnya persaingan, membuat Kedai Kopi Teras Gandok mengalami penurunan dalam memperoleh keuntungan yang diharapkan untuk terus meningkat dan cenderung stagnan setiap bulan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif dengan mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, kuisionare dan dokumentasi. Data primer dan sekunder adalah sumber data yang digunakan dalam penelitian ini. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor lingkungan eksternal dan internal yang dapat mempengaruhi keberlangsungan Kedai Kopi Teras gandok dengan menggunakan matriks EFE, IFE, dan IE. Selain itu, matriks SWOT digunakan untuk menemukan strategi alternatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam faktor internal maupun faktor eskternal terdapat elemen yang berpengaruh terhadap perkembangan Kedai Kopi Teras Gandok ketika dilakukan penggabungan dalam matiks IE didapatkan hasil bahwa Kedai Kopi Teras Gandok berada pada tahap I berada pada posisi Grow and Building, dimana dapat diartikan sedang mengalami masa bertumbuh dan berkembang, sehingga strategis yang dapat dilakukan yaitu penetrasi pasar, market development, product development dan pada analisis marketing mix 7P terdapat elemen yang sangat berpengaruh dimana product merupakan elemen yang berpengarun. Dan pada analisis SWOT dilaukan evaluasi SWOT terhadap masing masing elemen pada matriks 7P dengan diharapkan bahwa Kedai Kopi Teras Gandok dapat melakukan Evaluasi untuk keberlangsungan Kedai Kopi Teras Gandok kedepannya. Kata Kunci : Strategi, Marketing Mix 7P, Matiks IFE, Matriks EFE, Matriks IE, Anlaisis SWOT

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2024
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 12 Sep 2024 06:08
Last Modified: 12 Sep 2024 06:08
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69993

Actions (login required)

View Item View Item