ANALISIS UPAYA PENCEGAHAN KECELAKAAN KERJA DENGAN METODE SWISS CHEESE PADA PEKERJA KONSTRUKSI (STUDI KASUS : PT. Bakung Jaya Sempurna)

ARDIANSYAH, RIZKY PRATAMA and Ishak, Riza Fathoni (2024) ANALISIS UPAYA PENCEGAHAN KECELAKAAN KERJA DENGAN METODE SWISS CHEESE PADA PEKERJA KONSTRUKSI (STUDI KASUS : PT. Bakung Jaya Sempurna). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img] Text
RIZKY PRATAMA ARDIANSYAH_203010113_TEKNIK INDUSTRI.pdf

Download (0B)

Abstract

Kecelakaan kerja di Indonesia terutama di sektor industri kontruksi masih sangat tinggi angka nya, beberapa faktor menjadi penyebab utama dari kecelakaan tersebut. Oleh karena itu faktor-faktor penyebab kecelakaan kerja harus di teliti sebagai upaya untuk pencegahan kecelakaan kerja agar tidak terus terulang kembali tertutama pada pekerja di PT.Bakung Jaya Sempurna, perusahan ini merupakaan perusahaan yang bergerak di bidang kontruksi yang berlokasi di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Selain melihat faktor-faktor penyebab kecelakaan kerja nya pada penelitian kali ini akan merekomendasikan perbaikan setelah melihat faktor-faktor penyebab nya dengan menggunakan metode Swiss Cheese Model, metode ini merupakan metode yang menggambarkan bagaimana kecelakaan itu bisa terjadi karena adanya lapisan-lapisan yang gagal, lapisan dalam metode ini terdapat 4 lapisan, yaitu organizational influence, unsafe supervision, precondition unsafe act, unsafe act. Tujuan dari metode ini untuk mengidentifikasi dan memahami kelemahan dalam setiap lapisan tersebut sehingga dapat dilakukan perbaikan sebelum terjadi nya kecelakaan dan mengurangi risiko nya. Selain itu dalam penelitian ini juga terdapat perhitungan statistik K3, perhitungan nya antara lain yaitu severity rate, insiden rate, frequency rate. Perhitungan ini untuk melihat angka kejadian hilang hari kerja ataupun jam kerja akibat kecelakaan kerja. Setelah melakukan pengolahan data didapatkan faktorfaktor penyebab nya maka dilakukan rekomendasi perbaikan yang bertujuan agar kecelakaan yang pernah terjadi tidak terulang sehingga perusahaan bisa lebih berkembang dan maju kedepan nya dalam hal keselamatan. Rekomendasi perbaikan nya yaitu perusahan harus membuat jadwal mengenai masa alat pakai, pengawas harus mempunyai koordinasi yang baik terkait penerapan prosedur K3 di lapangan, melakukan briefing sebelum proses kerja mengenai prosedur K3 dan bahaya risiko kecelakaan kerja di sekitar area tersebut dan perusahaan dapat menambahkan alat bantu untuk proses pemindahan material. Kata Kunci : kecelakaan kerja, Swiss Cheese, perhitungan statistik

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2024
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 12 Sep 2024 06:04
Last Modified: 12 Sep 2024 06:04
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69992

Actions (login required)

View Item View Item