ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANALISIS SWOT DAN QSPM STUDI KASUS : UMKM BREAKIES DOUGH DI KOTA BANDUNG

MAHARDIKA, MUHAMMAD FALHAN and Firmansyah, Iman (2024) ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANALISIS SWOT DAN QSPM STUDI KASUS : UMKM BREAKIES DOUGH DI KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img] Text
Muhammad Falhan Mahardika_203010089_Teknik Industri.pdf

Download (0B)
Official URL: http://repository.unpas.ac.id/69988/

Abstract

ABSTRAK Perkembangan industri makanan terkhusus pada bakery shop yang semakin harinya meningkat , yang dimana bakery shop ini menjadi usaha yang memiliki daya tarik yang tinggi dalam menarik minat pelanggan. UMKM Breakies dough ini merupakan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang berada di kota Bandung yang mengkhususkan dalam pembuatan dan menjual berbagai produk bakery termasuk roti, kue, dan pastry dengan kualitas tinggi. Kemudian UMKM Breakies dough ini merupakan usaha baru dan saat ini sedang mengalami ketidakstabilan dari pendapatannya. Lalu guna meningkatkan dan melakukan pengembangan usaha UMKM Breakies dough ini dibutuhkannya strategi bisnis. Dengan itu dilakukakn analisis strategi pengembangan bisnis pada UMKM Breakies dough dan melihat dari faktor internal dan eksternal menggunakan metode SWOT dan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). selanjutnya akan melihat posisi internal dan eksternal UMKM Breakies dough menggunakan matriks Internal Factor Evaluation (IFE) dan matriks Eksternal Factor Evaluation (EFE), dengan mendapatkan nilai IFE sebesar 3,17 yang menunjukan posisi internal UMKM Breakies dough sudah kuat dan nilai EFE sebasar 3,32 yang menunjukan respon terhadap faktor eksternal sudah baik. Lalu untuk melihat posisi dari UMKM Breakies dough dan menentukan strategi yang cocok akan dilihat dengan menggunakan matriks internal dan eksternal (IE), dan dilihat posisi UMKM Breakies dough berada pada sel I yang menunjukan UMKM Breakies dough berda pada posisi tumbuh dan berkembang (Grow and Built) dan posisi tersebut, strategi yang baik untuk digunakan dapat lebih fokus pada strategi intensif. Kemudian dibuat alternatif strategi menggunakan matriks SWOT dan menentukan strategi yang paling baik untuk diimplementasikan pada UMKM Breakies dough dengan menggunakan metode QSPM. Dan didapatkan hasil Strategi SO2 dengan nilai 7,00 : pengembangan pada toko offline dan menambah cabang program Brealing dengan bekerjasama dengan mitra. Kata Kunci : bakery shop, strategi pengembangan bisnis, SWOT, Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM)

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2024
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 12 Sep 2024 05:52
Last Modified: 12 Sep 2024 05:52
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69988

Actions (login required)

View Item View Item