STRATEGI PENGEMBANGAN TRAVEL TOURESS DENGAN MENGGUNAKAN METODE BUSINESS MODEL CANVAS (BMC) DI AXA TOWER 45th FLOOR, KUNINGAN CITY, JAKARTA SELATAN

KURNIA SUNARYA, DENRI and Toto Ramadhan, DS (2024) STRATEGI PENGEMBANGAN TRAVEL TOURESS DENGAN MENGGUNAKAN METODE BUSINESS MODEL CANVAS (BMC) DI AXA TOWER 45th FLOOR, KUNINGAN CITY, JAKARTA SELATAN. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img] Text
Denri Kurnia Sunarya_203010079_Teknik Industri.pdf

Download (0B)
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK Industri pariwisata merupakan kumpulan usaha untuk menghasilkan barang atau jasa bagi wisatawan berupa pengalaman perjalanan seperti transportasi, akomodasi, makanan, minuman, fasilitas, kegiatan hiburan dan pelayanan lainnya. Industri pariwisata di Indonesia mengalami pertumbuhan yang signifikan sehingga menjadi pendorong utama bagi ekonomi negara. Namun perkembangan ini dihadapkan pada tantangan dari perubahan trend global seperti perkembangan teknologi digital dan pola konsumsi pasca pandemi COVID-19. Travel touress merupakan salah satu perusahaan jasa pariwisata yang dihadapkan dalam mengembangkan strategi bisnis yang efektif dalam menghadapi tantangan tersebut. Manajemen strategi memiliki dampak positif yang didasarkan pada alternatif terbaik yang tersedia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bisnis proses pada Travel Touress dan strategi pengembangan model bisnis dengan menggunakan Business Model Canvas (BMC). Penelitian ini menggunakan beberapa metode, diantaranya Business model Canvas (BMC) merupakan model bisnis yang digunakan untuk mengetahui bagaimana seluruh organisasi menciptakan dan memberikan nilai kepada pelanggan yang diolah untuk mengidentifikasi 9 elemen BMC. Pada bisnis proses menggunakan Activity Diagramyang merupakan aliran kerja atau aktifitas dari sebuah sistem yang mengarahkan urutan aktivitas dalam organisasi . Analisis SWOT merupakan tahap evaluasi yang digunakan untuk mengetahui kekuatan, peluang, kelemahan dan ancaman pada perusahaan dan matriks SWOT merupakan alat yang menghasilkan alternatif strategi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa bisnis proses Travel Touress saling berhubungan satu sama lain membentuk BMC sehingga dapat meningkatkan efisiensi operasional. Pada strategi pengembangan BMC terdapat 9 segmen yang cukup baik dalam menjalankan bisnis untuk menghasilkan strategi bisnis yang lebih optimal dalam perusahaan maka ole h itu dibuatnya alternatif strategi menggunakan SWOT untuk membuat usulan BMC baru pada travel touress. Kata Kunci : Industri Pariwisata, Business Model Canvas, Activity Diagram, Analisis SWOT, Matriks SWOT, Manajemen Strategi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2024
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 12 Sep 2024 04:16
Last Modified: 12 Sep 2024 04:16
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69984

Actions (login required)

View Item View Item