PENGUKURAN KEUNGGULAN KOMPETITIF DAN KINERJA PERUSAHAAN TERHADAP IMPLEMENTASI ERP DENGAN PENDEKATAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (STUDI KASUS :PT PINDAD DIVISI KENDARAAN KHUSUS)

MAHARANI, ELVIRA and Yogaswara, Yogi and Syarwani, Moh (2024) PENGUKURAN KEUNGGULAN KOMPETITIF DAN KINERJA PERUSAHAAN TERHADAP IMPLEMENTASI ERP DENGAN PENDEKATAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (STUDI KASUS :PT PINDAD DIVISI KENDARAAN KHUSUS). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img] Text
Elvira Maharani_203010175_Teknik Industri.pdf

Download (0B)
Official URL: http://repository.unpas.ac.id/69980/

Abstract

PT PINDAD merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang memproduksi alat utama sistem pertahanan. Dimana pada 29 April tahun 1983 PT PINDAD di resmikan sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan berlokasi di Bandung. PT PINDAD mengadopsi best practice dalam proses bisnis dengan mengintegrasikan dan mengimplementasikan sistem ERP yang berorientasi pada keterpaduan/keharmonisan antar unit/fungsi organisasi yang mengikutsertakan segenap sumber daya yang dimiliki oleh PT PINDAD. Implementasi sistem ERP tersebut diharapkan dapat menunjang optimalisasi keunggulan kompetitif dan kinerja perusahaan . Maksud dari penelitian ini adalah untuk mengumpulkan data informasi untuk mengetahui Pengukuran Besaran Pengaruh Keunggulan Kompetitif Dan Kinerja Perusahaan Terhadap Implementasi ERP serta tingkat penerimaan sistem ERP. Unit analisis dalam penelitian ini adalah individu yaitu user pengguna sistem ERP pada Divisi Kendaraan Khusus PT PINDAD. Berdasarkan perhitungan tersebut sampel penelitian ini adalah berukuran 32 orang. Adapun teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Metode penelitian yang akan digunakan adalah Metode Deskriptif dan Metode Assosiatif dengan pendekatan permodelan Technology Acceptance Model (TAM). Hasil penelitian diperoleh : Keunggulan Kompetitif PT PINDAD termasuk pada kategori baik. Kinerja Perusahaan PT PINDAD termasuk pada kategori sangat baik. Implementasi Sistem ERP PT PINDAD termasuk pada kategori sangat baik. Hasil analisis menunjukan terdapat besaran pengaruh secara parsial keunggulan kompetitif terhadap implementasi sistem ERP berdasarkan hasil perhitungan memiliki pengaruh sebesar 15,6%. Terdapat pengaruh kinerja perusahaan terhadap implementasi sistem ERP berdasarkan hasil perhitungan memiliki pengaruh sebesar 53,4%. Terdapat pengaruh besaran simultan keunggulan kompetitif dan kinerja perusahaan terhadap implementasi sistem ERP PT PINDAD sebesar 69%. Kata Kunci : Keunggulan Kompetitif, Kinerja Perusahaan, Implementasi sistem Enterprise Resource Planning (ERP), Technology Acceptance Model (TAM).

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2024
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 12 Sep 2024 03:45
Last Modified: 12 Sep 2024 03:45
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69980

Actions (login required)

View Item View Item