PENENTUAN KAPASITAS DAN RUTE PENGIRIMAN PADA PRODUK LE MINERAL DAN TEH PUCUK HARUM (STUDI KASUS : PT. ADITYA TRANS MANDIRI)

FIRDAUS SUKARNA, RIDHO and Tjutju Tarliah.D, DS (2024) PENENTUAN KAPASITAS DAN RUTE PENGIRIMAN PADA PRODUK LE MINERAL DAN TEH PUCUK HARUM (STUDI KASUS : PT. ADITYA TRANS MANDIRI). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img] Text
RIDHO FIRDUAS SUKARNA_203010014.pdf

Download (0B)
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

PENENTUAN KAPASITAS DAN RUTE PENGIRIMAN PADA PRODUK LE MINERAL DAN TEH PUCUK HARUM (STUDI KASUS : PT. ADITYA TRANS MANDIRI) RIDHO FIRDAUS SUKARNA NRP : 203010014 Pembimbing Utama : Dr. Ir. Hj. Tjutju Tarliah Dimyati, MSIE ABSTRAK Salah satu metode yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan distribusi yaitu dengan menggunakan metode Vehicle Routing Problem (VRP). Pada umumnya Vehicle Routing Problem (VRP) mengasumsikan bahwa produk yang diangkut sebanyak satu jenis, akan tetapi pada proses distribusi terdapat beberapa proses produk yang diangkut lebih dari satu jenis produk. Capacitated Vehicle Routing Problem (CVRP) merupakan metode yang digunakan untuk permasalahan penentuan rute kendaraan yang bertujuan untuk meminimumkan jarak pengiriman barang. Pada penelitian ini, terdapat permasalahan yang terjadi yaitu pada proses penentuan kapasitas kirim maksimum dan proses penentuan rute pengiriman produk. PT. Aditya Trans Mandiri memiliki konsumen sebanyak 64 ritel, demand dari setiap ritel memiliki demand yang berbeda beda. PT. Aditya Trans Mandiri merupakan perusahaan yang bergerak di bidang transportasi, pada penelitian ini, PT. Aditya Trans Mandiri memiliki empat jenis produk, yaitu Le mineral 1500 ml, Le mineral 600 ml, Le mineral 330 ml dan Teh pucuk harum 350 ml. Hasil yang didapatkan pada penelitian ini yaitu, kapasitas maksimum yang digunakan untuk melakukan pengiriman keempat jenis produk yaitu berjumlah maksimal 1033 dus dengan berat 7.996,41 kg dengan posisi penyimpanan produk terpilih yaitu posisi penyimpanan produk A, metode improvement terbaik berdasarkan total jarak yaitu metode 2-Opt dengan total jarak 979 km, metode terbaik berdasarkan waktu penyelesaian adalah metode Or-Opt[2] dan Or-Opt[3] dengan waktu penyelesaian yang sama yaitu 0,03 detik. Kata Kunci : VRP, CVRP, Distribusi, Kapasitas, Route

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2024
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 12 Sep 2024 03:55
Last Modified: 12 Sep 2024 03:55
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69979

Actions (login required)

View Item View Item