ANALISIS PERSEPSI PENGUSAHA USAHA KECIL MENENGAH (UKM) YANG BERPOTENSI BERBAHAYA TERHADAP IMPLEMENTASI STANDAR KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) (Studi Kasus: UKM Bengkel Motor dan Mobil, Bengkel Las, Dan Toko Besi Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten)

SAPTA NUGRAHA, RIZKI and Riza Fathoni Ishak, ds (2024) ANALISIS PERSEPSI PENGUSAHA USAHA KECIL MENENGAH (UKM) YANG BERPOTENSI BERBAHAYA TERHADAP IMPLEMENTASI STANDAR KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) (Studi Kasus: UKM Bengkel Motor dan Mobil, Bengkel Las, Dan Toko Besi Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img] Text
Rizki Sapta Nugraha_203010172_Teknik Industri.pdf

Download (0B)
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK Usaha Kecil Menengah (UKM) memainkan peran penting dalam kehidupan perekonomian negara. UKM sendiri perlu mengimplementasikan standar keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) agar menciptakan lingkungan kerja yang aman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi pengusaha UKM di Pandeglang, Banten terhadap Implementasi standar keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), mengetahui Potensi bahaya yang dihadapi pada UKM. Meski UKM berkontribusi besar terhadap PDB dan tenaga kerja, penerapan K3 masih rendah. Fokus pada penelitian ini adalah memahami persepsi pengusaha UKM dalam implementasi K3, berbeda dari penelitian sebelumnya yang lebih berfokus pada karyawan. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif untuk menentukan pengaruh persepsi UKM dan Implementasi standar Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Kabupaten Pandeglang. Data numerik dikumpulkan, diolah, dan dianalisis untuk mendapatkan informasi ilmiah mengenai pengaruh tersebut. Penelitian ini melakukan penyebaran kuesioner dengan 30 responden di pandeglang yang menunjukan pengaruh positif persepsi pengusaha UKM dan Implementasi standar K3. Dari yang diolah menggunakan SPSS dan Excel menunjukan 47% pengusaha memiliki persepsi tinggi terhadap K3. Diperlukan sosialisasi dan pelatihan K3 dari pihak terkait seperti kemenaker ataupun pihak ahli K3 untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman pengusaha UKM. Saran untuk pengusaha UKM yang berpotensi berbahaya untuk mempahami dan mengimplementasikan standar K3 untuk lingkungan kerja yang aman. Lakukan pelatihan tentang potensi bahaya. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa untuk tingkat persepsi terhadap K3 sudah baik akan tetapi untuk tingkat menerapkan implementasi standar K3 di UKM masih rendah yaitu dengan tingkat penerapan sebesar 27%. Kata Kunci: Implementasi K3, Persepsi, Sosialisasi, Usaha Kecil Menengah

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2024
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 12 Sep 2024 02:25
Last Modified: 12 Sep 2024 02:25
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69966

Actions (login required)

View Item View Item