MODEL OPTIMISASI PERSEDIAAN s,Q PADA DUA ESELON MENGGUNAKAN PARTICLE SWARM OPTIMIZATION (PSO) (STUDI KASUS : CV. SAMARA MICRON)

SANDRARIANI RAHAYU, DELIA and Helmi, M. Nurman and Nurman Helmi, ds (2024) MODEL OPTIMISASI PERSEDIAAN s,Q PADA DUA ESELON MENGGUNAKAN PARTICLE SWARM OPTIMIZATION (PSO) (STUDI KASUS : CV. SAMARA MICRON). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img] Text
DELIA SANDRARIANI RAHAYU_203010163_TEKNIK INDUSTRI.pdf

Download (0B)
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK Permasalahan persediaan di dalam dua eselon yang tidak di kelola dengan baik dapat menimbulkan permasalahan kepada penghasilan perusahaan. Jumlah persediaan yang berbeda antara tingkat pertama yaitu gudang pusat dan tingkat kedua tingkat ritel dapat menimbulkan permasalahan dari kekurangan persediaan ataupun kelebihan persediaan di kedua tingkat tersebut. CV. Samara Micron merupakan perusahaan yang memproduksi bumbu rempah-rempah. Perusahaan ini sudah memiliki 300 produk yang terdiri dari beberapa kategori produk seperti rempah-rempah bubuk dan utuh, makanan ringan dan resep bumbu siap masak. Perusahaan ini memiliki 8 ritel untuk menyalurkan salah satu produknya yaitu Bumbu Tabur Garlic. Keadaan perusahaan dimana lead time dari setiap tingkatan yang fluktuatif menjadi salah satu tantangan pada permasalahan persediaan ini. Metaheuristik merupakan sebuah metode yang dapat digunakan untuk mencari solusi yang memadukan interaksi antara prosedur pencarian lokal dan strategi lain untuk menciptakan proses pencarian dari permasalahan lokal (local solution) untuk menemukan solusi alternatif (global solution). Dalam permasalahan ini metode metaheuristik yang digunakan adalah Particle Swarm Optimization (PSO) dimana metode ini merupakan metode pencarian yang memanfaatkan kerjasama kawanan burung untuk mencari solusi yang optimum. Dengan menggunakan fungsi objektif dari model persediaan s,Q dan metode Metaheuristik Particle Swarm Optimization (PSO) dapat membantu memberikan beberapa solusi terbaik. Metode tersebut dapat memberikan hasil optimal terhadap jumlah pemesanan (Q) dan reorder point (s) pada setiap tingkatan. Hasilnya menunjukkan bahwa hasil optimisasi menggunakan metode ini dapat memberikan penurunanan Total Inventory Cost (TIC) sebesar 58,84% yaitu Rp13.181.300. Kata Kunci : Dua Eselon, Model s,Q, Particle Swarm Optimization (PSO)

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2024
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 12 Sep 2024 02:20
Last Modified: 12 Sep 2024 02:20
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69964

Actions (login required)

View Item View Item