KEPUASAN KINERJA PEGAWAI MENGGUNAKAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (STUDI KASUS : BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH PROVINSI JAWA BARAT BIDANG SEKRETARIAT )

FITRI, SITI AINUN NUR and Firmansyah, Iman and Idram, Arief Harkat (2024) KEPUASAN KINERJA PEGAWAI MENGGUNAKAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (STUDI KASUS : BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH PROVINSI JAWA BARAT BIDANG SEKRETARIAT ). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img] Text
SITI AINUN NUR FITRI_203010040_TEKNIK INDUSTRI.pdf

Download (0B)
Official URL: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69963

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kinerja pegawai di Bappeda Provinsi Jawa Barat menggunakan beberapa variable, diantaranta adalah variable upah/gaji, variable pekerjaan itu sendiri, variable promosi, variable supervisi/atasan, dan variable rekan kerja. Pada penelitian ini menggunakan metode Importance Performance Analysis untuk mengetahui adanya kesenjangan antara kenyataan dan harapan pegawai, kemudian untuk mengukur tingkat kepuasan kerja pegawai digunakan indeks kepuasan kerja. Populasi pada penelitian ini adalah pegawai Bappeda Provinsi Jawa Barat yang aktif di bidang sekretariat. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai aktif di bidang sekretariat yang berjumlah 16 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menggunakan Gap Analysis menunjukan bahwa seluruh variable memiliki nilai negatif, nilai Gap negatif dikarenakan skor harapan lebih besar daripada skor kenyataan, artinya masih terdapat kesenjangan antara kenyataan dan harapan atau harapan belum sesuai dengan kenyataan yang ada. Kemudian tingkat kepuasan kerja yang diukur menggunakan indeks kepuasan kerja menunjukan bahwa pada variable gaji, pekerjaan itu sendiri, promosi, dan atasan memiliki kriteris cukup puas dan untuk variable rekan kerja memiliki kriteria puas, sehingga ketika dipetakan ke dalam peta kuadran IPA, menunjukan bahwa variable gaji dan atasan berada pada kuadran I yang artinya perlu diperhatikan, variable rekan kerja berada pada kuadran II yang artinya perlu dipertahankan, variable promosi berada pada kuadran III, dan variable pekerjaan itu sendiri berada pada kuadran IV, pda kuadran III dan IV artinya variable tersebut perlu ada perhatian agar tidak bergeser ke kuadran I. Berdasarkan hasil peta kuadran tersebut, perlu adanya evaluasi atau usulan prioritas perbaikan. Kata Kunci : Kinerja, Pegawai, Gap Analysis, Kepuasan Kerja, Metode IPA

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2024
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 12 Sep 2024 02:15
Last Modified: 12 Sep 2024 02:15
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69963

Actions (login required)

View Item View Item