PERANAN PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA DAN PENGELOLAAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU BERBASIS ERP TERHADAP OPTIMALISASI KINERJA OPERASIONAL DENGAN PENDEKATAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) (Studi Kasus : PT PINDAD Divisi Projects Manager Officer (PMO))

Anggraini, Yuliana and Yogaswara, Yogi and Syarwani, Moh (2024) PERANAN PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA DAN PENGELOLAAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU BERBASIS ERP TERHADAP OPTIMALISASI KINERJA OPERASIONAL DENGAN PENDEKATAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) (Studi Kasus : PT PINDAD Divisi Projects Manager Officer (PMO)). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img] Text
Yuliana Anggraini_203010176_Teknik Industri.pdf

Download (0B)
Official URL: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69950

Abstract

PT PINDAD adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang memproduksi alat peralatan pertahanan dan keamanan (ALPALHANKAM). Dalam upaya meningkatkan kemajuan bangsa di bidang pertahanan, PT PINDAD meningkatkan kapasitas manajemen dan mengadopsi (best practice) dalam proses bisnis dengan mengimplementasikan sistem informasi yang berfokus pada integrasi dan keharmonisan antara unit atau fungsi organisasi yang melibatkan seluruh sumber daya yang dimiliki oleh PT PINDAD. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur sejauh mana Produktivitas Tenaga Kerja dan Pengelolaan Persediaan Bahan Baku berbasis ERP mempengaruhi Kinerja Operasional. Unit analisis dalam penelitian ini adalah individu seluruh tenaga kerja pada Divisi Project Manager Officer (PMO). Berdasarkan perhitungan, sampel penelitian terdiri dari 85 orang yang diambil dengan metode sampling jenuh. Metode penelitian yang diterapkan adalah metode deskriptif dan verifikatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Produktivitas Tenaga Kerja berada dalam kategori baik, Pengelolaan Persediaan Bahan Baku berbasis ERP berada dalam kategori baik, dan Kinerja Operasional berada dalam kategori baik. Analisis menunjukkan bahwa Produktivitas Tenaga Kerja memiliki pengaruh parsial terhadap Kinerja Operasional sebesar 38,23%. Pengelolaan Persediaan Bahan Baku berbasis ERP mempengaruhi Kinerja Operasional sebesar 13,33%. Secara bersamaan, Produktivitas Tenaga Kerja dan Pengelolaan Persediaan Bahan Baku berbasis ERP memberikan pengaruh sebesar 51,6% terhadap Kinerja Operasional. Kata Kunci : Produktivitas Tenaga Kerja, Pengelolaan Persediaan Bahan Baku Berbasis ERP, Kinerja Operasional

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2024
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 12 Sep 2024 01:44
Last Modified: 12 Sep 2024 01:45
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69950

Actions (login required)

View Item View Item