ANALISIS BEBAN KERJA UNTUK PERFORMASI KERJA KARYAWAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE DRAWS (DEFENCE RESEACH AGENCY WORKLOAD SCALE) (STUDI KASUS : PT. BUKIT MURIA JAYA)

ATHAYA, RIFKY and Syarwani, Moh and Sumerly, Chevy Herly (2024) ANALISIS BEBAN KERJA UNTUK PERFORMASI KERJA KARYAWAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE DRAWS (DEFENCE RESEACH AGENCY WORKLOAD SCALE) (STUDI KASUS : PT. BUKIT MURIA JAYA). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img] Text
RIFKY ATHAYA_203010120_TEKNIK INDUSTRI.pdf

Download (0B)
Official URL: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69948

Abstract

PT. Bukit Muria Jaya (PT.BMJ) merupakan suatu perusahaan yang memproduksi kertas rokok dan kemasan bungkus rokok. Produk-produk yang dihasilkan oleh PT. Bukit Muria Jaya yaitu berbagai macam jenis ukuran kertas rokok baik yang berbentuk Bobin dan Rim, dan juga berbagai macam jenis bungkus rokok tipe djarum super dll. Pada data jumlah produksi kertas rokok yang diberikan oleh perusahaan merupakan data dalam kurun waktu satu tahun terakhir di PT. Bukit Muria Jaya (PT.BMJ), perusahaan mempunyai target yaitu maksimal presentase produksi yang tidak mencapai target sebesar 3% namun setelah melihat data jumlah produksi kertas rokok tersebut didapatkan presentase produksi kertas rokok yang tidak mencapai target yaitu diatas 3% per setiap bulannya. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi produksi tidak mencapai target yaitu kemampuan individu dari setiap karyawan divisi produksi kertas rokok yang berbeda-beda. Hal tersebut akan memepengaruhi fokus dan mental dari setiap karyawan yang akan sangat berpengaruh terhadap produktivitas karyawan dan juga kinerja perusahaan kedepannya. Berangkat dari permasalahan yang terjadi model pemecahan masalah yang dipilih yaitu metode Defence Research Agency Workload Scale (DRAWS). Dimana metode ini merupakan metode pengukuran beban kerja secara subjektif dengan empat variabel skala pengukuran yaitu input demand, central demand, output demand, dan time pressure. Selanjutnya responden melakukan pengisian kuesioner yang telah dirancang oleh peneliti, lalu hasil penyebaran kuesioner kepada 28 orang karyawan yang ada pada divisi produksi kertas rokok serta pengolahan data yang telah diolah oleh peneliti didapatkan hasil bahwa 64% dari 28 responden merasakan beban kerja over load. Terdapat 18 orang responden yang merasakan beban kerja over load dan 10 orang responden merasakan beban kerja optimal load. Kata Kunci : Metode Defence Research Agency Workload Scale (DRAWS), Produktivitas Karyawan, Beban kerja Mental, Divisi Produksi

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2024
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 12 Sep 2024 01:39
Last Modified: 12 Sep 2024 01:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69948

Actions (login required)

View Item View Item