ANALISIS PENGGUNAAN GADGET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMPN 5 KOTA CIMAHI (Studi Deskriptif Kualitatif Analisis Penggunaan Gadget Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 7 SMPN 5 di Kota Cimahi)

Nurjanah, Sri Oktafiani (2024) ANALISIS PENGGUNAAN GADGET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMPN 5 KOTA CIMAHI (Studi Deskriptif Kualitatif Analisis Penggunaan Gadget Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 7 SMPN 5 di Kota Cimahi). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
Cover.pdf

Download (0B)
[img] Text
Abstrak 3 Bahasa.pdf

Download (0B)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (0B)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (0B)
[img] Text
Daftar Tabel.pdf

Download (0B)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (0B)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (0B)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (0B)

Abstract

Penggunaan gadget di SMPN 5 Cimahi telah menjadi perhatian penting karena potensinya dalam mempengaruhi hasil belajar siswa kelas 7. Gadget dapat mendukung pembelajaran tetapi juga dapat mengalihkan perhatian siswa dari materi pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penggunaan gadget dalam hasil belajar siswa kelas 7 di SMPN 5 Cimahi. Fokusnya pada kemampuan intelektual, pengaruh moral, dan keterampilan dalam menggunakan gadget untuk meningkatkan hasil belajar. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas 7 di SMPN 5 Cimahi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi untuk mendapatkan gambaran menyeluruh tentang penggunaan gadget. Dalam penelitian ini teori yang digunakan adalah teori belajar sosiokultural oleh lev vygotsky dimana teori ini menekan pentingnya interaksi sosial, budaya, dan lingkungan dalam pembelajaran siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki kemampuan intelektual yang baik dalam menggunakan gadget, namun ada yang menggunakan gadget untuk hal-hal di luar pembelajaran. Penggunaan gadget juga mempengaruhi moral siswa dan keterampilan menggunakan gadget. Kesimpulannya, penggunaan gadget dapat meningkatkan hasil belajar siswa jika digunakan dengan tepat. Sekolah dan orang tua perlu memberikan pembinaan yang tepat agar penggunaan gadget lebih efektif dan bertanggung jawab. Kata Kunci: Penggunaan Gadget, Hasil belajar, Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2024
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 10 Sep 2024 04:13
Last Modified: 10 Sep 2024 04:13
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69918

Actions (login required)

View Item View Item