PENGARUH PERBANDINGAN TEPUNG KACANG KORO PEDANG (CANAVALIA ENSIFORMIS L.) DENGAN TEPUNG MODIFIED CASSAVA FLOUR (MOCAF) DAN LAMA PEMANGGANGAN TERHADAP KARAKTERISTIK FLAKES TUGAS AKHIR

NISRINA, ALYA and Yelliantty, ds (2024) PENGARUH PERBANDINGAN TEPUNG KACANG KORO PEDANG (CANAVALIA ENSIFORMIS L.) DENGAN TEPUNG MODIFIED CASSAVA FLOUR (MOCAF) DAN LAMA PEMANGGANGAN TERHADAP KARAKTERISTIK FLAKES TUGAS AKHIR. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img] Text
ALYA NISRINA_203020114_TEKNOLOGI PANGAN.pdf

Download (0B)
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Perbandingan Tepung Kacang Koro Pedang (Canavalia ensiformis L.) dengan Tepung Modified Cassava Flour (MOCAF) dan Lama Pemanggangan Terhadap Karakteristik Flakes. Maksud penelitian ini yaitu untuk mengukur respon mutu dan karakteristik flakes akibat faktor perbandingan tepung kacang koro pedang dan tepung MOCAF dan lama pemanggangan. Penelitian yang dilakukan meliputi dua tahap yaitu penelitian pendahuluan dan penelitian utama. Penelitian pendahuluan yaitu analisis kimia pada bahan yaitu analisis kadar sianida (HCN) dan analisis kadar air pada tepung kacang koro pedang. Pada penelitian utama membandingkan metode pemanggangan dengan 2 faktor yaitu perbandingan tepung kacang koro pedang dengan tepung M OCAF (1:1), (1:2), (2:1) dan lama pemanggangan (20 menit), (25 menit), (30 menit) menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 3 kali ulangan sehingga percobaan tersebut terdiri dari 9x3 yaitu 27 satuan percobaan. Respon dalam penelitian ini yaitu terdiri dari respon kimia yang meliputi kadar air. Respon fisik meliputi analisis daya serap air, analisis intensitas warna dan respon organoleptik terhadap atribut warna, rasa, aroma dan tekstur. Hasil penelitian menunjukan bahwa perbandingan tepung kacang koro pedang dengan tepung Modified Cassava Flour (MOCAF) dan lama pemanggangan pada produk flakes berpengaruh terhadap terhadap kadar air, daya serap air, intensitas warna L*, a* dan b*, warna, tekstur, aroma dan rasa flakes. Hasil interaksi antara perbandingan konsentrasi tepung kacang koro pedang dengan tepung MOCAF dan lama pemanggangan pada produk flakes berpengaruh terhadap kadar air, daya serap air, intensitas warna L*, a* dan b*, warna, tekstur, aroma dan rasa flakes dan berdasarkan hasil perhitungan metode de garmo didapatkan perlakuan terbaik pada perbandingan tepung kacang koro pedang dan tepung MOCAF 2:1 dan lama pemanggangan 25 menit, dengan respon kadar air 6,39 %, daya serap air 160,63, intensitas warna nilai L* 65,17, nilai a* 8,93, nilai b* 38,04, dan uji hedonik warna 6,79 (suka), hedonik tekstur 6,51 (agak suka), hedonik aroma 6,02 (agak suka), hedonik rasa 6,46 (agak suka). Kata kunci : Tepung Kacang Koro Pedang, Tepung MOCAF, Flakes.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2024
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 10 Sep 2024 07:51
Last Modified: 10 Sep 2024 07:51
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69917

Actions (login required)

View Item View Item