KUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN AKTA KELAHIRAN PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA BANDUNG

Sintia, Ayu (2024) KUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN AKTA KELAHIRAN PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (0B)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (0B)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (0B)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (0B)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (0B)
[img] Text
COVER.pdf

Download (0B)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (0B)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan masih kurangnya sumber daya manusia sehingga masih ada beberapa pegawai yang belum sesuai dengan beban kerjanya. Sumber daya manusia merupakan salah satu wujud pelayanan dasar pemerintah kepada masyarakat, akta kelahiran menjadi dokumen identitas yang wajib dimiliki oleh seluruh warga Negara Republik Indonesia guna untuk membuktikan bahwa seseorang telah memiliki status yang jelas dalam konteks hukum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana Kualitas Pelayanan Pembuatan Akta Kelahiran Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandung serta hambatan-hambatan yang dihadapi terciptanya pelayanan yang efektif dan efesien. Metode penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teori Kualitas Pelayanan menurut Zeithaml, et.,al (2018:63) sebagai landasan dalam menyelesaikan penelitian ini. Adapun hasil penelitian yang dilakukan bahwa kualitas pelayanan pembuatan Akta Kelahiran di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandung dinilai belum sepenuhnya optimal. Pada dimensi Tangible (Berwujud) dan Assurance (Jaminan) masih terdapat masalah yang menyebabkan pelayanan kurang optimal seperti Sumber Daya Manusia yang belum memadai dan ketidakpastian estimasi waktu penyelesaian. Pada dimensi Reliability (Kehandalan), Responsiveness (Ketanggapan), dan Emphaty (Empati) sudah dinilai optimal karena sudah melaksanakan pelayanan sesuai dengan aturan. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Pembuatan Akta Kelahiran

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara 2024
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 10 Sep 2024 02:50
Last Modified: 10 Sep 2024 02:50
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69909

Actions (login required)

View Item View Item