Perancangan Sub-Sistem Pengaturan Pengumpan Arus Pada Pelapisan Elektro Sistem Jalur Tertutup Aliran Tembus (Flow Trough Closed Loop Electroplating) Design of Current Feeder Control Subsystem in Flow Trough Closed Loop Electroplating

Wawondatu, Melky Renhard and Bagdja, Ade and Sugiharto, S (2024) Perancangan Sub-Sistem Pengaturan Pengumpan Arus Pada Pelapisan Elektro Sistem Jalur Tertutup Aliran Tembus (Flow Trough Closed Loop Electroplating) Design of Current Feeder Control Subsystem in Flow Trough Closed Loop Electroplating. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img] Text
Melky R W_183030027_Teknik Mesin.pdf

Download (0B)
Official URL: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69880

Abstract

Pelapisan elektroplating dapat didefinisikan sebagai perpindahan ion logam dengan bantuan arus listrik DC (Direct Current) melalui elektrolit. Proses pelapisan elektroplating atau perlakuan pelapisan permukaan logam termasuk ke dalam proses pengerjaan akhir (metal finishing). Fungsi utama dari pelapisan permukaan adalah untuk memperbaiki penampilan (dekoratif), melindungi dari korosi dan meningkatkan sifat mekanik suatu logam. Pada umumnya proses pelapisan permukaan dalam suatu pipa yang menggunakan metoda elektroplating rendam, terutama dengan rasio panjang terhadap diameter (l/d) > 50, untuk memperoleh hasil pelapisan yang homogen dan konsisten sangat rumit dan kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membuat prototype alat perlakuan pelapisan permukaan siklus tertutup aliran tembus dengan metode pelapisan elektroplating sebagai alat untuk melapis permukaan bagian dalam pipa. Material yang dilapisi terletak pada kutub negatif (Katoda) dan material yang melapisi terdapat di dalam cairan elektrolit yang dialirkan di dalam pipa menbentuk sebuah siklus tertutup aliran elektrolit. Sedangkan kutub positif (Anoda) disambungkan pada rangkaian listrik sebagai elektroda pengumpan arus. Uji coba proses pelapisan pada penelitian ini menggunakan: Pipa yang dilapisi stainless steel 304 1/8 SCH 10S OD = 10 mm; ID = 6 mm dengan panjang 320 mm, dengan rasio l/d = 53,3. Bahan pelapis yang digunakan adalah Krom. Parameter proses pelapisan yang digunakan: Kuat Arus 5 Ampere, Tegangan 3 Volt, dengan variasi waktu pelapisan 180 menit dan 240 menit. Hasil ketebalan pelapisan diamati menggunakan mikroskopik dengan pembesaraan 200x pada tiga bagian pipa (atas, tengah dan bawah) dengan empat titik yang berbeda 0° - 90° – 180° – 270° per bagian. Hasil yang diperoleh sampai saat ini, terdapat ketebalan lapisan yang bervariasi. Hasil ketebalan dengan lama waktu pelapisan 240 menit mendapatkan lapisan paling tebal pada titik ke satu di bagian atas 0° pipa sebesar 50 µm. Dan hasil ketebalan dengan lama waktu pelapisan 180 menit mendapatkan lapisan paling tebal pada titik ke empat di bagian bawah 270° pipa sebesar 56 µm. Penelitian dilakukan secara bersama dalam sebuah kesatuan: 2 sub-sistem. Pada Tesis ini, penelitian fokus pada Perancangan Sub-Sistem Pengaturan Pengumpan arus. Kata kunci: elektroplating, krom, ketebalan lapisan, waktu dan kuat arus.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin 2024
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 09 Sep 2024 07:49
Last Modified: 09 Sep 2024 07:50
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69880

Actions (login required)

View Item View Item